Seleksi CPNS Segera Dibuka, Ada 1,3 Juta Formasi

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 11/Feb/2021 18:57 WIB


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) kembali membuka rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) pada 2021. Rekrutmen itu untuk memenuhi kebutuhan berbagai instansi pemerintah.

Deputi Bidang SDM Kemenpan-RB Teguh Widjinarko mengatakan, ada sekitar 1,3 juta formasi dibutuhkan dalam lowongan tersebut. "Rinciannya adalah sebagai berikut, secara total tahun 2021 (jika tidak ada kebijakan lain yang bersifat darurat) pemerintah telah menentukan kebutuhan ASN dan CPNS sejumlah sekitar 1,3 juta," kata Teguh saat dihubungi di Jakarta, Kamis (11/2/2021). 

Baca Juga:
Rincian Formasi CPNS 2023, Total Lowongan untuk Satu Juta Orang

Dia menuturkan, formasi yang dibuka adalah 1 juta guru PPPK melalui skema yang menjadi program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk pemerintah daerah (pemda). Untuk pemda di luar guru ditentukan sebesar sekitar 189.000 orang, yang terdiri dari 70.000 PPPK jabatan fungsional selain guru serta 119.000 CPNS untuk berbagai jabatan teknis yang sangat diperlukan (termasuk tenaga kesehatan).

"Untuk instansi pemerintah pusat ditentukan kebutuhan sebesar sekitar 83.000 orang dengan persentase 50 persen PPPK dan 50 persen CPNS," ujarnya. 

Baca Juga:
Formasi yang Ditinggal CPNS Bakal Digantikan Cadangan Teratas

Saat ini, Kemenpan-RB sudah memperoleh pertimbangan teknis dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. "Pada intinya menteri keuangan setuju dengan usulan rencana kebutuhan ASN tahun 2021. Selanjutnya Kementerian PANRB juga masih menunggu pertimbangan teknis dari BKN," tuturnya. (lia/sumber:inews.id)

 

Baca Juga:
Waduh! 105 CPNS Lolos Seleksi 2021 Mengundurkan Diri