Lokasi Tes GeNose C19 kini Tersedia di Stasiun Gambir, Ini Tahapnya

  • Oleh : Fahmi

Senin, 15/Feb/2021 15:33 WIB
Alat tes GeNose. (Istimewa) Alat tes GeNose. (Istimewa)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Layanan pemeriksaan GeNose C19, mulai hari Senin 15 Februari 2021 ini tersedia di Stasiun Gambir. Sebelumnya PT KAI Daop 1 Jakarta telah menyediakan layanan tersebut di Stasiun Pasar Senen. 

Operasional tes GeNose di Stasiun Gambir setiap hari nya mulai pukul 07.00 s.d 19.30 dengan biaya sebesar yang sama di Stasiun Pasar Senen yaitu Rp20 ribu.  

Baca Juga:
Makin Modern! KA Argo Bromo Anggrek Gunakan Kereta Eksekutif New Generation Mulai 29 Maret

"Pada hari pertama layanan GeNose berlangsung di Stasiun Gambir, tercatat hingga pukul 13.00 WIB terdapat sekitar 250 calon penumpang yang telah menggunakan layanan tersebut," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa pada siaran persnya, Senin (15/2/2021). 

Eva menjelaskan, persyaratan untuk melakukan pemeriksaan GeNose di stasiun adalah calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah terbayar lunas. 

Baca Juga:
KAI: Hingga Hari Ini Sebanyak 1.922.450 Tiket Kereta Api Lebaran Telah Terjual

Hasil tes Genose tersebut dapat digunakan di Stasiun Keberangkatan KAJJ lain nya, sebagai contoh bagi calon penumpang yang melakukan tes Genose C19 di Stasiun Gambir dapat menggunakan berkas hasil tes untuk menggunakan KAJJ dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta Kota, Bekasi atau Stasiun Keberangkatan KAJJ lainnya. 

Dari data yang ada, tercatat penumpang yang telah melakukan pemeriksaan menggunakan GeNose dari awal ujicoba pada 3 Februari 2021 s.d 14 Februari 2021, Daop 1 Jakarta telah melayani sekitar 18.600 peserta tes GeNose C19 di stasiun. 

Baca Juga:
Pria Kota Malang Ini Tewas Tertabrak Kereta Api di Perlintasan Rel Kereta Api

KAI juga menghimbau kepada calon penumpang agar melakukan pemeriksaan H-1 sebelum jadwal keberangkatan untuk menghindari tertinggal KA. 

Eva mengingatkan, calon penumpang yang akan melakukan tes Genose juga dianjurkan tidak merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum tes untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan tes. 

Tahap Tes 

Pada saat pelaksanaan, calon penumpang diminta untuk meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan. 

Pada saat proses pengambilan sampel melalui hembusan napas ke dalam kantong udara, calon penumpang diwajibkan tetap menggunakan masker. Adapun proses peniupan kantong udara dilakukan melalui bagian bawah masker dengan posisi sedikit renggangkan. Hal tersebut wajib dilakukan untuk memenuhi penerapan protokol kesehatan. 

Jika ditemukan hasil tes positif pada calon penumpang KA Jarak Jauh yang menggunakan GeNose C19, maka akan dilakukan penanganan di ruang isolasi sementara oleh petugas kesehatan. 

Calon penumpang dengan hasil positif tidak diperbolehkan naik KA dan bea tiket akan dikembalikan penuh serta selanjutnya diarahkan agar melakukan pemeriksaan lanjutan ke rumah sakit atau puskesmas. 

Bagi calon penumpang yang berusia 5 tahun keatas kini juga wajib untuk melampirkan berkas pemeriksaan Covid 19 sebagai syarat melakukan perjalanan. 

"Penambahan lokasi layanan GeNose di Stasiun Gambir merupakan bentuk dukungan KAI pada program pemerintah untuk penerapan protokol kesehatan sesuai dengan SE Kemenhub No 20 Tahun 2021," ujar Eva. 

Pelanggan KA Jarak Jauh diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan. Khusus untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum jam keberangkatan. 

Selain berkas pemeriksaan Covid 19 dengan hasil negatif, untuk dapat menggunakan KA Jarak Jauh pelanggan KA juga harus memenuhi syarat lainnya yakni memiliki suhu tubuh normal maksimal 37,3 derajat celcius. 

Selama perjalanan, pengguna KA juga diwajibkan menggunakan Faceshield hingga di stasiun tujuan, dan dihimbau untuk memakai baju lengan panjang. Pemeriksaan suhu tubuh diperjalanan tetap dilakukan untuk memastikan penumpang tetap sehat.(fahmi)