Jet Tempur Israel Kembali Gempur Damaskus Suriah, Sebagian Rudal Berhasil Dihalau Militer

  • Oleh : Redaksi

Senin, 15/Feb/2021 21:55 WIB


DAMASKUS  (BeritaTrans.com) – Militer Israel diyakini melanjutkan serangan udara ke Suriah, Senin (15/2/2021) dini hari WIB.

Rekaman video dan foto memperlihatkan ledakan bom atau rudal terjadi di pinggiran Damaskus, ibu kota Suriah.

Baca Juga:
Media Pemerintah: Israel Lancarkan Serangan Udara di Sekitar Damaskus

Sebelumnya awal Februari, Provinsi Quneitra di Suriah selatan dilaporkan menjadi sasaran serangan Israel. Sistem pertahanan udara Suriah menangkis serangan udara dari wilayah Lebanon itu.

Kantor berita SANA Senin dini hari mempublikasikan video dan foto yang diduga menangkap momen agresi udara Israel di dekat Damaskus.

Baca Juga:
Jet Tempur Israel Serang Jalur Gaza

Publikasi itu dikutip media Russia Today dan Sputniknews.

Menurut SANA, ledakan kuat terdengar di pinggiran barat Damaskus, menyusul serangan udara dari Dataran Tinggi Golan.

Baca Juga:
Militer Suriah Sebut Israel Serang Wilayah di Sekitar Damaskus

Rekaman tersebut diduga menangkap momen serangan itu, mengungkapkan apa yang tampak seperti rudal yang bersinar di langit gelap di atas ibu kota.

Sesudah itu terlihat cahaya terang menyibak kegelapan langit.  

SANA menyebutkan, pesawat Israel telah menyerang daerah di luar Damaskus menggunakan rudal.

Militer Suriah mengatakan system pertahanan udara mereka mencegat sebagian besar rudal yang diluncurkan jet-jet Israel.

Serangan udara itu terjadi tak lama setelah Teheran memperingatkan Tel Aviv agar tidak "melewati garis merah" di Suriah, bersumpah akan memberikan tanggapan yang tegas.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) secara rutin menyerang wilayah Suriah dengan dalih untuk memusnahkan target Iran di sana.

Israel beralasan mencegah Teheran mendapatkan pijakan di wilayah tersebut. Israel jarang mengakui serangannya ke wilayah Suriah, sejalan kebijakan lama tidak mengomentari serangan bom di luar negeri.

Awal bulan ini, Tentara Arab Suriah (SAA) mengumumkan unit pertahanan udaranya mencegat beberapa rudal yang ditembakkan Israel dari wilayah Dataran Tinggi Golan yang diduduki.

 

Menurut Tentara Arab Suriah, seperti yang dikutip oleh Kantor Berita Arab Suriah (SANA), musuh (Israel) melakukan agresi udara dari arah Golan Suriah.

Sumber tersebut mengklarifikasi pertahanan udara Suriah menghadapi rudal musuh dan menembak jatuh sebagian besar dari mereka, dan kerugian terbatas pada material.

Sebuah sumber dari Tentara Arab Suriah mengatakan kepada Al-Masdar News, ledakan sebagian besar terjadi di dekat perbatasan administratif Gubernuran Al-Suweida dan Damaskus.

Daerah ini sudah beberapa kali jadi target serangan sasaran Pasukan Pertahanan Israel awal tahun ini. Tidak disebutkan korban jiwa atayu luka terkait serangan itu.

Sejak awal 2021, Angkatan Udara Israel telah beberapa kali menyerang wilayah Republik Arab Suriah, termasuk serangan besar-besaran di gubernur timur Deir Ezzor dekat perbatasan Irak. (lia/sumber:tribunnews.com)