Mantap Gaes! Hino Pamer Bus Sumber Alam dengan Kabin Berteknologi Bebas Covid-19

  • Oleh : Bondan

Selasa, 16/Feb/2021 21:07 WIB
Hino R260 Bio Smart & Safe Bus. Foto: Istimewa Hino R260 Bio Smart & Safe Bus. Foto: Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Merespon pandemi Covid-19 masih terus berlangsung di Indonesia, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menampilkan beberapa line up kendaraan niaga untuk membantu pemerintah melawan pandemi Covid-19.

Ada empat kendaraan yang dipamerkan di showroom Hino di Jl MT Haryono, Jakarta, hari ini, Selasa (16/2/2021).

Baca Juga:
Dinkes Kabupaten Tangerang Buka Layanan Vaksin di GIIAS 2022

Keempat kendaraan tersebut adalah bus Hino R260 yang disulap oleh pemiliknya, PO Sumber Alam, menjadi Bio Smart & Safe Bus, bus midi Hino FC 190 dengan aplikasi Mobile Polymerase Chain Reaction (PCR) Lab, serta dua produk terbaru HMSI yaitu Hino Flexicab Microbus dengan bodi ambulans dan bodi mobile PCR Lab.

Hino Bus R260 Bio Smart & Safe Bus

Baca Juga:
Hino Rilis Truk dan Bus Bermesin Euro4

Bus Hino R260 Bio Smart & Safe Bus merupakan bus angkutan penumpang milik PO Sumber Alam, Purworejo, Jawa Tengah.

Kabin bus ini dikaroseri oleh Karoseri Laksana, Ungaran. Sementara aplikasi Bio Smart-nya mendapat asistensi dari Universitas Diponegoro (UNDIP) dengan supervisi dari Komite Nasional Keselematan Transportasi (KNKT).

Baca Juga:
Hino Beri Sinyal Bakal Bikin Truk dan Bus Listrik di Indonesia

Owner PO Sumber Alam Anthony Steven Hambali dalam paparannya mengatakan, bus ini dirancang guna memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat di masa pandemi agar aman dan nyaman di perjalanan.

Di kabin bus ini, antar kursi penumpang dibuat saling berjarak demi menerapkan prinsip physical distancing dengan konfigurasi 1-1-1 pada setiap barisnya dari kiri ke kanan.

Sirkulasi udara AC di kabinnya didesain laminar vertikal selama AC diaktifkan untuk mendapatkan kualitas udara yang lebih bersih.

Bagian bawah kursi penumpang dilengkapi peranti penyedot udara atau inlet AC.

Untuk design bus pada umumnya, AC akan menyedot udara dari atas, serta jalur keluarnya AC juga dari atas kepala penumpang, hal ini menimbulkan turbulensi udara.

Sementara pada Bio Smart & Safe Bus ini penyedot udara berada di bawah, sehingga udara yang keluar dari louver AC bisa langsung turun dan terhisap oleh inlet AC yang ada di bawah untuk kemudian disterilkan lagi dengan HEPA filter dan UV-C light untuk menjadi udara yang lebih bersih.

"Bus Hino Bio Smart & Safe Bus ini juga disemprotkan lapisan material Nano Silver pada seluruh permukaan interior bus untuk membunuh bakteri dan virus yang menempel di dalam bus," ujar Anthony.

Dalam pengoperasiannya, awak bus membagian masker herbal yang dibagikan untuk penumpang, hal ini tentunya menambah rasa aman dan nyaman bagi penumpang selama perjalanan.

“Bus ini memiliki konsep untuk mengatur bagaimana sirkulasi udara di kabin menjadi lebih bersih, aman dan tentu saja lebih sehat," jelasya.

Harapannya, virus yang berkeliaran di dalam kabin dapat tersedot ke bawah dan tersaring dengan baik untuk menjadi udara yang lebih bersih di dalam bus.

"Selain itu, material Nano Silver juga memberikan proteksi tambahan bagi penumpang, karena partikel ini akan membantu membunuh bakteri atau virus – virus yang menempel di dalam bus,” ungkap Anthony Steven Hambali. (Tribunnews.com)