Wafat Saat Bertugas di Perairan Samudera Hindia, ABK ini Terima Santunan Difasilitasi Ditjen Hubla

  • Oleh : Naomy

Rabu, 17/Feb/2021 06:38 WIB
Penyerahan santunan Rp150 juta dari dari perusahaan kepada keluarga ABK wafat di tengah tugas Penyerahan santunan Rp150 juta dari dari perusahaan kepada keluarga ABK wafat di tengah tugas

​JAKARTA (BeritaTrans.com) – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Perkapalan dan Kepelautan  memfasilitasi penyerahan santunan kepada keluarga ABK kapal FV. Hwa Hung 202 yang wafat saat bertugas di wilayah perairan Samudera Hindia, Selasa (16/2/2021).

Hal ini sebagai salah satu bentuk pemenuhan hak atas pelaut yang meninggal dunia sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2000 tentang Kepelautan.

Baca Juga:
Rehabilitasi Pelabuhan Banjar Nyuh Nusa Penida Dianggarkan Tahun 2025

Disebutkan bahwa jika ABK Kapal meninggal dunia dan  PKL( perjanjian kerja laut) masih berlaku, pengusaha angkutan di perairan wajib membayar santunannya.

Hari ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Perkapalan dan Kepelautan  telah memfasilitasi penyerahan santunan tersebut.

Baca Juga:
Ribuan Peserta Arus Balik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut Tinggalkan Semarang ke Jakarta

Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Capt. Hermanta memberikan tugas Plt. Kepala Seksi Pengawakan Kapal dan Standarisasi Sertifikat Pelaut Tingkat Operasional Indang Noerkajati untuk mewakili Direktorat Perkapalan dan Kepelautan untuk support mediasi dan memfasilitasi  penyerahan santunan.

"Penyerahan santunan atas nama Almarhum Marlando Lilipory selaku ABK Kapal yang meninggal saat bertugas diserahkan secara langsung oleh Presiden Direktur PT. Abadi Mandiri Internasional, Eva Woong kepada kakak perempuan kandungnya, Chyntia Lilipory selaku ahli waris yang sah sejumlah Rp150 juta," urai Indang.

Baca Juga:
Sesditjen Hubla Tinjau Pelabuhan Muara Angke

Pihak keluarga almarhum, Chyntia mengucapkan terima kasih kepada Direktorat Perkapalan dan Kepelautan yang telah membantu sampai santunan diterimanya.

Pihak Eva Woong selaku Presiden Direktur PT Abadi Mandiri Internasional terima kasih juga kepada Direktorat Perkapalan dan Kepelautan yang sudah memfasilitasi dan intens hubungan dengan ditkapel untuk segera santunan dapat diberikan.

"Dalam penyerahan santunan tersebut disaksikan oleh keluarga almarhum Marlando, yaitu Yoseph Lilipory selaku orang tua kandungnya, staf dari Direktorat Perkapalan dan Kepelautan yaitu Khairul Azmi, Marvin, Imran dan Dedi serta perwakilan dari Bagian Organisasi dan Humas” tutup Indang. (omy)