OP Priok Gandeng PMI Gelar Aksi Donor Darah di Terminal Penumpang Nusantara Pura

  • Oleh : Ahmad

Jum'at, 19/Feb/2021 14:41 WIB
Foto:istimewa/humasoppriok Foto:istimewa/humasoppriok

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kantor Otoritas Pelabuhan Utama (OP) Tanjung Priok bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Jakarta Utara menyelenggarakan kegiatan Aksi Sosial Donor Darah di Terminal Penumpang Nusantara Pura, Pelabuhan Tanjung Priok, pada Jumat (19/2/2021). 

Kegiatan aksi sosial donor darah ini merupakan wujud kepedulian terhadap sesama karena setetes darah yang diberikan sangat berarti bagi kehidupan orang lain.

Baca Juga:
Aksi Sosial Donor Darah Warnai Peringatan HUT Ke-51 KPLP dan HUT Ke-36 PPLP

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama (Ka OP) Tanjung Priok, Capt Mugen S Sartoto MSc menjelaskan bahwa OP turut terpanggil untuk membantu sesama dalam melakukan aksi sosial terutama pada masa pandemi covid-19 sekarang ini.

Baca Juga:
Sambut Bulan K-3 Nasional, IPC TPK Gelar Donor Darah

“Kantor Otoritas Pelabuhan Utama (OP) Tanjung Priok sebagai Instansi Pemerintah yang sehari-hari memiliki tugas dan fungsi mengawasi kegiatan operasional kepelabuhanan seperti kegiatan arus barang turut terpanggil, untuk ikut membantu masyarakat dalam mewujudkan tujuan yang mulia ini, salah satunya adalah melalui kegiatan aksi sosial donor darah yang bertujuan untuk kepentingan dan kemashlahatan orang banyak”, ujar Ka OP.

“Kegiatan donor darah ini terdiri dari 2 (dua) kategori yaitu donor darah konvalesen penyintas covid-19 dan donor darah reguler., seperti rilis yang diterima BeritaTrans.com Jumat (19/02/2021). 

Baca Juga:
Jelang Akhir Tahun, KSO TPK Koja Kembali Gelar Donor Darah, Target 100 Pendonor

Donor darah konvalesen ialah darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh, dan kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi. 

Artinya, donor darah konvalesen berpijak pada pemahaman bahwa seorang penyintas infeksi, setelah sembuh akan membentuk antibodi dalam tubuhnya. Sedangkan donor darah reguler adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah sebagai stok darah untuk kemudian digunakan untuk transfusi darah”, papar Capt Mugen.

Ka Op juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi terhadap pelaksanaan kegiatan aksi sosial donor darah tersebut. Tak lupa, Beliau juga menghimbau kepada seluruh insan pelabuhan, baik Instansi Pemerintah maupun stakeholders untuk terus mendukung kegiatan aksi sosial seperti ini.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Jakarta Utara atas kerjasamanya dalam penyelenggaraan acara ini. Tak lupa juga kami menyampaikan apresiasi kepada para calon pendonor yang berjumlah 287 orang yang berasal dari beberapa Instansi Pemerintah dan Stakeholders di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok, diantaranya Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, KPU Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok, Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok, PT Pelabuhan Tanjung Priok, dan PT Mustika Alam Lestari. 

Mereka dengan tulus ikhlas sebagai abdi masyarakat memberikan tetesan darahnya bagi orang-orang yang sangat memerlukan transfusi darah dimanapun berada di seluruh nusantara” tutur Ka OP. 

“Insan Pelabuhan akan terus memberikan dukungan terhadap aksi sosial. Semoga peran serta kami bersama dengan PMI dapat terus terjalin serasi dan harmonis, yang setiap saat dengan tulus ikhlas sebagai abdi masyarakat memberikan tetesan darahnya bagi orang-orang yang sangat memerlukan transfusi darah dimanapun berada”, tutup Capt Mugen.(ahmad)