Keren! Laksana Ekspor Lagi Bus ke Bangladesh

  • Oleh : Bondan

Minggu, 21/Feb/2021 18:35 WIB
Legacy SR2 Double Decker. Foto: Laksana Legacy SR2 Double Decker. Foto: Laksana

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Laksana, perusahaan karoseri asal Semarang, Jawa Tengah, kembali mengekspor bus buatannya ke negeri Bangladesh.

Negara yang berbatasan dengan India itu tampaknya ketagihan dengan double decker buatan Laksana. Setelah pada awal 2020 lalu mereka impor 10 bus, di Februari 2021 ini mereka membeli 8 unit bus serupa.

Baca Juga:
Wow, PO Gumarang Jaya Rilis 10 Bus Baru Pakai Bodi Legacy SR3 Panorama Ultimate Laksana

Berita ekspor bus tingkat Laksana ini diumumkan langsung oleh karoseri tersebut di akun media sosial Instagram resminya, @laksanabus. Update terakhir (21/2/2021), kedelapan unit bus tingkat Laksana Legacy SR2 Double Decker tersebut sudah sampai di Indonesia Kendaraan Terminal (IPC Car Terminal), Jakarta Utara, untuk dikirim ke Bangladesh melalui jalur laut.

Pihak Laksana sendiri belum merilis spesifikasi bus tingkat yang diekspor ke Bangladesh itu. Namun kemungkinan besar tidak jauh berbeda dengan unit ekspor yang dikirim tahun lalu. Yang artinya, bus tingkat ini memiliki panjang 14,4 meter, tinggi 5,1 meter, dan lebar 2,5 meter. Unit ekspor ini lebih panjang hampir satu meter daripada Legacy SR2 Double Decker yang dijual di Indonesia.

Baca Juga:
Mewah! Bus Double Decker Terbaru Milik Gunung Harta Beroperasi, Berapa Sih Tarifnya?

Tak hanya dimensinya yang berbeda, layout pintunya pun agak berbeda. Unit Legacy SR2 Double Decker versi ekspor ini konfigurasi pintuny berdekatan, di mana pintu akses penumpang di bawah, letaknya tepat di belakang ban depan. Sementara untuk penumpang kabin atas, aksesnya melalui pintu depan, di mana di situ terletak tangga.

Baca Juga:
PO Gunung Harta Rilis Bus Double Decker Baru, Buat Rute Mana Sih?

Konfigurasi joknya pun cukup unik, karena menggunakan konfigurasi 2 + 1 yang sangat jarang ditemui di Indonesia. Selain itu, seat-nya dibuat lebar, dengan finishing warna biru dan sudah dilengkapi sandaran kaki dan sandaran lengan untuk kenyamanan penumpang.

Bus tingkat Laksana yang dikirim ke Bangladesh ini juga tetap menggunakan sasis dan mesin besutan Scania, yang sudah dikenal ketangguhannya.

Tahun lalu, bodi Legacy SR2 Double Decker yang diekspor ke Bangladesh diperkirakan memiliki harga mencapai Rp 3 miliar per unitnya. Sebagai informasi, Legacy SR2 Double Decker kali pertama meluncur di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 silam. (Detik.com)