Masuk Usia 33 Tahun, Pangkalan PLP Makin Tangguh Jaga Keselamatan dan Keamanan Pelayaran

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 26/Feb/2021 17:01 WIB
Apel HUT ke-33 PPLP di PLP Tanjung Uban Apel HUT ke-33 PPLP di PLP Tanjung Uban

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Hari ini 26 Februari 2021 Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut merayakan Hari Ulang Tahun ke-33 Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP).

Baca Juga:
Sorry yee! Motor Listrik Dilarang Ikut Mudik Gratis Naik Kapal Laut, Simak Alasannya

Memasuki usia ke-33 PPLP makin tangguh jaga keselamatan dan keamanan pelayaran.

Perayaan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dalam situasi pandemi Covid-19, perayaan HUT PPLP digelar secara sederhana dan serentak di masing-masing pangkalan yakni PLP Tanjung Priok, PLP Tanjung Uban, PLP Surabaya, PLP Bitung dan PLP Tual.

Baca Juga:
Persiapan Angleb, Pelni Tingkatkan Fasilitas Kapal dan Dorong Pemudik Pesan Tiket di Aplikasi

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ahmad bertindak sebagai pemimpin upacara di PLP Tanjung Uban. Upacara dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan guna menghindari penyebaran Covid 19.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo menyampaikan apresiasi pada seluruh insan PPLP atas kontribusinya selama ini dalam mempertahankan dan menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim di Perairan Indonesia. 

Baca Juga:
Pelni Pastikan 56 Kapal Layak Laut dan Operasi di Angleb 2024

Dia menegaskan, meskipun di tengah pandemi, namun tidak sedikitpun membuat kekuatan penjagaan dan pengawasan perairan menurun.

"Meskipun di tengah kondisi pandemi Covid-19 tapi tidak sedikit pun mengendorkan penjagaan. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh insan KPLP yang telah bekerja sepenuh hati dalam menjalankan fungsi penjagaan dan penegakkan hukum untuk menjamin keselamatan dan keamanan di Perairan Indonesia,” urai Dirjen Agus, di Jakarta, Jumat (26/2/2021).

Dia berpesan agar seluruh insan KPLP dan PPLP terus menjunjung tinggi semboyan Dharma Jala Praja Tama dalam menjalankan tugas.

“Tanamkan di hati supaya kita selalu menjalankan pengabdian yang terbaik bagi bangsa dan negara,” tegasnya.

Saat ini PPLP Tanjung Priok dalam menjalankan tugasnya berbekal kekuatan 13 unit kapal patroli dari berbagai kelas dengan lebih dari 200 orang.

Sementara itu, PPLP Tanjung Uban yang baru-baru ini berhasil menangkap kapal asing yang melakukan tindak pidana human trafficking juga memiliki kekuatan yang memadai. Didukung  sembilan unit kapal patroli dengan jumlah personel tiap kapal tiga hingga 19 orang pasukan.

"PPLP Tanjung Perak dengan jumlah personil 79 orang serta 4 unit kapal patroli selalu siaga menjalankan tugas menjaga perairan dari tepi laut hingga tengah laut," ujar Direktur KPLP Ahmad.

Selanjutnya, PPLP Bitung yang menjaga perairan dengan lima unit kapal patroli serta puluhan personil yang selalu siaga menjaga lima peta wilayah kerawanan di wilayah kerjanya.

Terakhir, ada PPLP Tual yang memiliki 114 personel tangguh dengan lima unit kapal patroli.

"Semuanya melakukan penjagaan keselamatan dan keamanan pelayaran sesuai yang telah diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran," tutupnya. (omy)

Dharma Jala Praja Tama!