Kisah Misteri Kapal Caleuche yang Tenggelam Namun masih Berlayar

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 26/Feb/2021 23:45 WIB
Ilustrasi hantu kapal, dok: pixabay Ilustrasi hantu kapal, dok: pixabay

CHILE (BeritaTrans.com) - Jika kamu pernah melihat tayangan serial kartun Spongebob Squarepants mungkin akan mengenal sosok hantu Flying Dutchman.

Dengan ciri khas bergentayangan membawa selalu bangkai kapalnya yang berwarna hijau kadang membuat kita menganggap bahwa kisah tersebut hanya bisa terjadi di dunia imajinasi saja.

Baca Juga:
Executive General Manager Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Sambut Arus Balik Mudik di Pelabuhan Tanjung Priok

Namun, siapa sangka ternyata di dunia nyata kisah seperti hantu Flying Dutchman juga terjadi di negara Chile bagian Selatan tepatnya di pulau Chiloe.

Legenda tentang hantu kapal yang sering berlayar ini sering disebut oleh masyarakat sekitar diakibatkan karena pernah ada sebuah kapal yang tenggelam dan bangkit kembali berlayar, kapal tersebut yakni Caleuche.

Baca Juga:
Kemenhub Berangkatkan Ribuan Peserta Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut Voyage Kedua Jakarta- Semarang

Kisah teror kapal Caleuche ini lahir dari cerita masyarakat Chiloe, menurut kesaksian para warga, kapal Caleuche ini sebenarnya sudah tenggelam alias karam ketika saat berlayar mengantar barang tertimpa badai dan cuaca buruk.

Setelah bertahun-tahun dari kisah tenggelamnya kapal Caleuche tersebut, entah kenapa banyak warga yang menyaksikan kapal misterius itu beroperasi kembali. Namun, warga juga menilai ada sebuah kejanggalan dari pelayaran kapal tersebut, yakni tidak terlihat ada aktifitas manusia di atas kapal tersebut.

Baca Juga:
Rute Kapal Baru Buleleng-Raas Dibuka untuk Antisipasi Lonjakan Pemudik dari Bali saat Lebaran

Sebagian masyarakat yang sudah mendengar kabar soal teror kapal hantu yang berlayar itu menganggap bahwa Caleuche telah mendapatkan sebuah kutukan dari penghuni lautan.

Selain itu, banyak juga yang menceritakan bahwa dalam kapal Caleuche dipenuhi oleh roh-roh yang meninggal karena tenggelam di lautan.

Hingga kini kisah soal kapal Caleuche masih beredar dan dikenal sering berlayar hanya mengililing pulau Chiloe seperti sedang melanjutkan sebuah ritual tertentu. (amt/sumber:kumparan.com) 

Tags :