KRI Dewa Ruci Singgah 3 Hari di Cirebon, Masyarakat Boleh Melihat Dari Dekat

  • Oleh : Taryani

Minggu, 28/Feb/2021 17:55 WIB
Sosok Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Dewa Ruci Minggu (28/2/2021) hingga Rabu (03/3/2021) singgah di Cirebon sebelum melanjutkan pelayaran balik ke Surabaya. (Ist.) Sosok Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Dewa Ruci Minggu (28/2/2021) hingga Rabu (03/3/2021) singgah di Cirebon sebelum melanjutkan pelayaran balik ke Surabaya. (Ist.)

CIREBON (BeritaTrans.com) -  Mungkin masyarakat di wilayah III Cirebon masih ada  yang belum mengenal lebih dekat sosok Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Dewa Ruci  yang berukuran panjang 58,5 meter dan lebar 9,5 meter itu.

   KRI Dewa Ruci merupakan satu-satunya kapal layar tiang tinggi produk galangan kapal H. C. Stülcken & Sohn Hamburg, Jerman pada 1952 namun hingga saat ini masih laik layar dari tiga kapal yang pernah diproduksi.

   Kapal ini pertama kali diluncurkan pada tanggal 24 Januari 1953 dan pada bulan Juli dilayarkan ke Indonesia oleh Taruna AL dan kadet ALRI. Setelah itu KRI Dewaruci yang berpangkalan di Surabaya, ditugaskan sebagai kapal latih yang melayari kepulauan Indonesia dan juga ke luar negeri. KRI Dewaruci pernah mengelilingi dunia 2 kali.

   Kini masyarakat Wilayah III Cirebon bisa menyaksikan secara langsung KRI Dewa Ruci  karena sandar di Pelabuhan Cirebon pada Minggu (28/2/2021) hingga Rabu (3/3/2021),  sebelum melanjutkan pelayaran  ke Semarang selanjutnya menuju pangkalan Surabaya.

   Komandan Lanal Cirebon, Letkol Laut (P) Afif Yuhardi Putra, Minggu (28/2/2021)  mengatakan, KRI Dewa Ruci singgah di Cirebon dalam rangka pelayaran kebaharian di pesisir Pulau Jawa. Singgah di Cirebon karena daerah ini sejak dulu sudah dikenal dengan kebahariannya. Bahkan sebelum Kerajaan Mataram yang dikenal dengan Sarwajala.

   Rencananya sampai Rabu (3/3/2021) KRI Dewa Ruci dapat dikunjungi masyarakat. Namun mengingat masa pandemi Covid-19,  tentunya masyarakat harus memperhatikan protokol kesehatan.

   Komandan KRI Dewa Ruci, Letkol Laut (P) Hastaria Dwiprakoso mengemukakan, KRI Dewa Ruci melaksanakan rangkaian pelayaran sejak Januari menghadiri Hari Dharma Samudera dan mendukung pembinaan potensi maritim di Jakarta.

   “Kami turut membawa mahasiswa, FKPPI dan lainnya untuk membina generasi maritim.    Dengan harapan generasi muda mengetahui potensi bahari Indonesia dan luasnya perairan Nusantara,” ucapnya. (Taryani)