Roket Israel Hantam Target Iran di Suriah Setelah Kapal MV Helios Ray Diserang

  • Oleh : Redaksi

Senin, 01/Mar/2021 22:23 WIB


Jakarta (BeritaTrans.com)  - Militer Suriah pada Ahad mengatakan roket Israel menghantam wilayah selatan Damaskus setelah Benjamin Netanyahu menuduh Iran menyerang kapal tanker milik Israel.

 

Baca Juga:
Gelar Operasi Garda Indosin, KRI Sigalu-857 Selamatkan Kapal Patroli Malaysia

Pernyataan militer Suriah mengatakan serangan itu datang dari Dataran Tinggi Golan dan mengklaim mereka telah menjatuhkan sebagian besar rudal, dalam serangan kedua dalam waktu kurang dari sebulan di pinggiran ibu kota, dikutip dari Reuters, 1 Maret 2021.

Seorang juru bicara militer Israel menolak mengomentari laporan tersebut

Baca Juga:
Iran Lancarkan Serangan Rudal Drone di Wilayah Kurdistan Irak

Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz pada hari Jumat mengatakan Israel mengambil tindakan hampir tiap pekan untuk mencegah Iran mendirikan basis milisi di Suriah.

 

Baca Juga:
Drone Bunuh Diri Militer Iran Teror Kota-kota Israel

Sumber intelijen regional mengatakan Pasukan Quds Iran dan milisi yang didukungnya, yang kehadirannya telah menyebar di Suriah dalam beberapa tahun terakhir, memiliki basis yang kuat di lingkungan Sayeda Zainab di selatan Damaskus di mana milisi yang didukung Iran memiliki serangkaian pangkalan bawah tanah.

Sebuah kapal tanker milik Israel yang terkena ledakan di jalur perairan strategis Teluk Oman terlihat setelah tiba di sebuah pelabuhan di Dubai, Uni Emirat Arab 28 Februari 2021. [REUTERS / Abdel Hadi Ramahi]

 

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu menyalahkan Iran pada hari Senin atas ledakan di atas kapal milik Israel MV Helios Ray di Teluk Oman, tetapi menghindari pertanyaan apakah Israel akan membalas.

"Ini memang operasi Iran. Itu jelas," katanya kepada radio Kan, Reuters melaporkan.
Ditanya apakah Israel akan membalas insiden Jumat di Oman, dia mengulangi pernyataan sebelumnya tentang tekadnya untuk mencegah Iran mengembangkan kapasitas nuklir.

Dikutip dari Times of Israel, Kan News Israel, Channel 13 News dan surat kabar Ma'ariv, menyebut serangan ke Suriah yang menargetkan situs-situs Iran, sebagai balasan terhadap ledakan yang menghantam kapal milik Israel di Teluk Oman minggu lalu, yang menurut pejabat Israel kemungkinan besar dilakukan oleh Iran.

Tidak ada media Israel yang menyediakan sumber untuk laporan mereka.

Kan sebelumnya melaporkan bahwa para pemimpin lembaga keamanan Israel bertemu pada Minggu malam untuk membahas dugaan serangan Iran terhadap kapal tanker MV Helios Ray.

Serangan terbaru Israel ke Suriah terjadi setelah militer AS melancarkan serangan Kamis terhadap kelompok milisi yang didukung Iran di Suriah, sebagai pembalasan atas serangan roket di Irak yang menewaskan satu kontraktor sipil dan melukai seorang personel AS dan pasukan koalisi lainnya.

(lia/sumber:tempo.col