Bandara Makassar, Balikpapan, dan Ahmad Yani Raih ASQ Awards dari ACI

  • Oleh : Naomy

Selasa, 02/Mar/2021 05:40 WIB
Petugas Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang mengarahkan calon penumpang pesawat udara untuk melakukan pemindaian mandiri _boarding pass_. Petugas Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang mengarahkan calon penumpang pesawat udara untuk melakukan pemindaian mandiri _boarding pass_.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Tiga bandara PT Angkasa Pura I (Persero) raih penghargaan prestius kebandarudaraan tingkat dunia ASQ Awards dari Airport Council International (ACI) yang berbasis di Montreal, Kanada. 

Tiga bandara yang meraih penghargaan "Best Airports in Asia Pacific by Size" pada ajang ASQ Awards dari ACI tersebut adalah Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang pada kategori kapasitas bandara 2-5 juta penumpang per tahun, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, dan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan pada kategori kapasitas bandara 5-15 juta penumpang per tahun.

Baca Juga:
Trafik penerbangan di Bandara Angkasa Pura II Naik 5% di Periode Angleb

"Kami bersyukur atas diraihnya penghargaan ini yang juga merupakan pengakuan dunia internasional terhadap keandalan layanan bandara Angkasa Pura I," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi di Jakarta, Senin (1/3/2021).

Walau berada dalam tekanan dampak pandemi, Angkasa Pura I senantiasa berupaya menjaga standar layanan yang tentunya disesuaikan dengan penerapan protokol kesehatan yang konsisten di bandara. 

Baca Juga:
Ini 3 Indikator Bikin Angleb di Bandara Angkasa Pura II Sukses

Dalam memberikan pelayanan pada masa pandemi, kami dituntut agile untuk dapat menjaga aspek keselamatan, keamanan, juga kesehatan, namun dengan tetap memberikan kenyamanan di tengah segala keterbatasan. Itu yang menjadi kunci pelayanan kami pada masa pandemi," urainya. 

Penghargaan ini, menurutnya, merupakan buah kerja keras dan pengorbanan insan Angkasa Pura I yang dengan ikhlas dan konsisten memberikan pelayanan terbaiknya kepada pengguna jasa  bandara pada masa pandemi. 

Baca Juga:
InJourney Airports Layani 7,4 Juta Penumpang selama Angkutan Lebaran

"Manajemen mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Insan Angkasa Pura I, khususnya di ketiga bandara tersebut, atas kerja keras dan kerja ikhlasnya selama ini. Semoga penghargaan ini menjadi penyemangat bagi Insan Angkasa Pura I di tengah masa pandemi ini," ungkap dia.

Meski bandara-bandara anggota ACI terdampak pandemi cukup signifikan dari sisi kegiatan operasional maupun bisnis pada 2020, namun para pengelola bandara dengan berbagai kategori kapasitas tersebut tetap dapat fokus untuk memberikan pelayanan terbaiknya ke pengguna jasanya. 

"Kami mengucapkan selamat kepada para pengelola bandara yang menerima penghargaan ini," ujar Stefano Baronci, ACI Asia Pacific Director General.

Sebagai informasi, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar merupakan bandara yang kerap dianugerahi penghargaan pada ajang ASQ Awards. 

Pada ajang ASQ Awards 2019, Bandara SAMS Sepinggan meraih empat penghargaan pada kategori kapasitas bandara yang sama yaitu "Best Airport by Size in Asia Pacific", "Best Environment & Ambience by Size",  "Best Customer Service", "Best Infrastructure & Facilitation". 

Pada ajang ASQ Awards 2018, Bandara SAMS Sepinggan juga meraih 4 penghargaan yang sama pada kategori yang juga sama. Pada ASQ 2017, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan juga meraih penghargaan "2nd place  Best Airport by Size: 5-15 million passenger per year".

Sementara itu, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, pada ajang ASQ Award 2019 meraih dua penghargaan pada kategori bandara dengan trafik 5-15 juta penumpang per tahun, yaitu "Best Airport by Size" dan "Best Infrastructure & Facilitation". 

Kemudian pada ajang ASQ Award 2016, Bandara Makassar meraih predikat  sebagai "The Most Improved Airport in Asia Pacific 2016". (omy)