Abu Vulkanik dari Erupsi Gunung Sinabung Tidak Ganggu Layanan Bandara Kualanamu

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 03/Mar/2021 06:22 WIB
Ilustrasi Bandara Kualanamu. Ilustrasi Bandara Kualanamu.

MEDAN (BeritaTrans.com) - Abu vulkanik dari erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo tidak mengganggu operasional penerbangan di Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Selasa, 2 Maret 2021. 

Plt Manajer Branch Communication & Legal PT Angkasa Pura II Bandara Kualanamu Paulina Simbolon saat dikonfirmasi di Medan, Sumut, Selasa, mengatakan saat ini penerbangan di Bandara Kualanamu masih normal dan lancar karena pergerakan abu vulkanik erupsi Sinabung ke arah barat. 

Baca Juga:
Bandara Kualanamu Siap Layani Angkutan Lebaran

"Jarak pandang masih baik, di atas 10 kilometer," ujarnya. 

Gunung Sinabung, Selasa sekitar pukul 07.15 WIB, mengalami erupsi lanjutan dengan ditandai keluarnya awan panas guguran dari puncaknya dengan jarak luncur 4.500 meter ke arah tenggara-timur. 

Baca Juga:
Bandara Kualanamu Terapkan National Logistic Ecosystem

"Dengan tinggi kolom mencapai 5.000 meter," kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo Natanail Perangin-angin saat dihubungi dari Medan, Selasa, 2 Maret 2021. 

Ia menjelaskan pada pukul 07.11 WIB terjadi awan panas guguran akibat kubah lava yang membeku di puncak Gunung Sinabung dengan jarak luncuran 3.000 meter ke arah tenggara-timur. 

Baca Juga:
Perdana! Pulau Siau Tersedia Penerbangan Perintis untuk Membuka Konektivitas

"Selain itu, sekitar pukul 07.07 WIB terjadi awan panas guguran akibat kubah lava yang membeku di puncak Gunung Sinabung dengan jarak luncuran 2.000 meter ke arah tenggara-timur," ujar Natanail.(fh/sumber:antaranews)