Kapal Perang Dewaruci Diserbu Warga Cirebon

  • Oleh : Taryani

Rabu, 03/Mar/2021 17:20 WIB
Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Dewaruci tampak dikerubungi warga dari berbagai kabupaten saat berlabuh di dermaga pelabuhan Muara Jati Cirebon, Rabu(3/3/2021). (Taryani) Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Dewaruci tampak dikerubungi warga dari berbagai kabupaten saat berlabuh di dermaga pelabuhan Muara Jati Cirebon, Rabu(3/3/2021). (Taryani)

 CIREBON (BeritaTrans.com) – Di luar dugaan, animo masyarakat Kota Cirebon dan sekitarnya melihat dari dekat Kapal Perang Republik Indonesia(KRI) Dewaruci yang tengah berlabuh di pelabuhan Muarajati Cirebon, Rabu (3/3/2021) tampak membludak.

   Warga dari berbagai wilayah seperti KotaCirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Majalengka itu terlihat sejak pagi sudah mulai berdatangan bersama keluarga.

   Mereka ingin melihat lebih dekat sosok kapal perang kuno.“Ya mumpung kapal Dewaruci ada di pelabuhan Muarajati Cirebon, saya dan istri ingin melihat secara langsung,” ujar Toing, 57.

   Toing sejak Rabu (3/3/2021) pukul 08.00 WIB sudah bersiap-siap berangkat dari kediamannya di Desa Weru, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon guna melihat lebih dekat dengan kapal perang berwarna putih itu. Para tetangga juga tak mau ketinggalan. Sejak pagi sudah berangkat ke pelabuhan Muarajati melihat KRI Dewaruci yang tengah sandar di pelabuhan. Suasana di dermaga pelabuhan tampak ramai seperti pasar.   

Salah seorang pengujung selfie di dekat lambung kapal Dewaruci. (Taryani)

Banyak juga di antara pengunjung yang membawa anak-anak dan merasa kehausan sehingga terpaksa mengeluarkan isi kocek membeli es teh atau es kelapa muda yang dijual pedagang.

   Meskipun cuaca di sekitar pelabuhan cukup terik, akan tetapi tidak menyurutkan niat masyarakat memelototi sosok kapal antik itu.  KRI Dewaruci ujar Toing berbeda sekali dengan kapal yang biasa dilihat di muara-muara kali di daerah pesisir Kabupaten Cirebon. Kapal Dewaruci merupakan kapal layar tiang tinggi.

Walaupun sudah lama dibuat dan dioperasikan, namun kapal itu masih tetap terawat dan keadannya masih cukup bagus. Tua-muda, pria-wanita menyempatkan diri berswafoto di dekat KRI Dewaruci.

Tidak heran dermaga pelabuhan Muara Jati yang biasanya tidak begitu banyak dikerumuni orang, saat ini cukup banyak didatangi masyarakat dari berbagai penjuru desa dan kota. Hari Rabu (3/3/2021) ini merupakan hari terakhir, KRI Dewaruci merapat di dermaga pelabuhan Muarajati.

   Selanjutnya KRI Dewaruci akan melanjutkan pelayaran dan singgah di Semarang sebelum kemudian mencapai titik pelayaran akhir di pangkalan Surabaya. (Taryani)