Tak Hanya Masyarakat, Wakil Wali Kota Cirebon Pun Penasaran dengan KRI Dewaruci

  • Oleh : Taryani

Kamis, 04/Mar/2021 12:48 WIB
Wakil Wali Kota Cirebon sempat melihat dari dekat KRI Dewaruci di Pelabuhan Cirebon. (Ist.) Wakil Wali Kota Cirebon sempat melihat dari dekat KRI Dewaruci di Pelabuhan Cirebon. (Ist.)

CIREBON (BeritaTrans.com) – Bersandarnya Kapal Perang Republik Indonesia (KRI)  Dewaruci di Pelabuhan Cirebon selama 3 hari menjadi momentum bangkitnya kejayaan maritim di Kota Cirebon.

   Hal itu diungkapkan Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati saat melihat dari dekat  KRI Dewa Ruci yang tengah bersandar di dermaga Linggarjati, Pelabuhan Cirebon, Rabu (3/3/2021).

   “Alhamdulillah saya diberi kesempatan mengelilingi KRI Dewaruci,” ungkap Wakil Wali Kota Eti.   Kota Cirebon menjadi salah satu daerah yang terpilih  dikunjungi  KRI Dewaruci. Dari Cirebon KRI Dewaruci akan meneruskan pelayaran ke Semarang dan berakhir di Pangkalan TNI AL Surabaya.

   Menurutmya, Pelabuhan Cirebon sejak dahulu sudah dikenal memiliki sejarah keemasan. Bahkan Pelabuhan Cirebon menopang perekonomian masyarakat di bidang perdagangan internasional.

   Apalagi kedatangan KRI Dewaruci disertai dengan dialog yang menghadirkan sejumlah pakar untuk dibuatnya Kampung Bahari Nusantara (KBN). Ini merupakan komitmen TNI AL dalam berbakti kepada negeri.

   Ketua Jalasenastri Cabang 8 Korcab 3 Daerah Jalasenastri Armada I,  Esti Afif Yuhardi Putera

menjelaskan, tidak setiap tahun KRI Dewaruci singgah di Pelabuhan Cirebon. Kesempatan luar biasa bagi masyarakat dengan kedatangan kapal legendaris itu. Masyarakat Kota Cirebon dan sekitarnya bisa mengenal lebih dekat. (Taryani)