Garuda Buka Rute Khusus Kargo Surabaya-Hongkong, Angkut Komoditas Unggulan Jatim

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 06/Mar/2021 21:31 WIB
Angkutan kargo Garuda Indonesia Surabaya-Hongkong Angkutan kargo Garuda Indonesia Surabaya-Hongkong

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia secara resmi melayani penerbangan rute khusus kargo Surabaya – Hongkong.

Baca Juga:
"Ramadhan Bleisure Fair" 2024, Ajang Garuda Tebar Diskon Tiket hingga 80%

Ini merupakan bagian dari upaya perluasan jaringan penerbangan kargo guna mendukung peningkatan daya saing komoditas ekspor unggulan nasional, khususnya wilayah provinsi Jawa Timur. 

Pada penerbangan perdana tersebut, Garuda Indonesia mengangkut komoditas unggulan dari Jawa Timur yang terdiri dari produk UMKM Jawa Timur,  komoditas perikanan dan hasil produksi lainnya.

Baca Juga:
Garuda dan Citilink Gelar Program Lebaran ke Jakarta, Hadirkan 42 Ribu Kursi

Penerbangan khusus kargo Rute Surabaya - Hongkong dilayani sebanyak satu kali setiap  minggunya dengan armada Airbus A330-300 yang memiliki daya angkut mencapai 30-40 ton di setiap penerbangannya.  

Rute khusus kargo Surabaya - Hongkong ini berangkat dari Bandara Internasional Juanda pada pukul 06.00 WITA dan tiba di Hongkong pada pukul 12.00 waktu setempat.

Baca Juga:
Hore, Garuda dan Citilink Siapkan 1,4 Juta Kursi di Periode Libur Lebaran

"Penerbangan rute khusus kargo menjadi salah satu peluang bisnis yang secara berkelanjutan akan kami perkuat selaras dengan tren kebutuhan pengangkutan kargo yang terus tumbuh," jelas Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam keterangan tertulis, Sabtu (6/3/2021).

Dengan pengembangan jaringan penerbangan kargo ini, harapannya kegiatan direct export komoditas unggulan  dari kawasan Surabaya dan sekitarnya dapat semakin berdaya saing, sehingga dapat mendukung upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional, khususnya wilayah Jawa Timur.

"Tentunya kami harapkan kehadiran penerbangan kargo ini dapat semakin meningkatkan daya saing kualitas produk komoditas  unggulan di Jawa Timur dengan waktu pengiriman yang lebih singkat tanpa harus melakukan transit di beberapa hub penerbangan sehingga kualitas produk menjadi lebih terjaga tentunya dengan cost logistik yang lebih kompetitif. Dengan demikian, harga komoditas ekspor dapat menjadi lebih bersaing di pasar global," paparnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyambut baik pembukaan penerbangan khusus kargo tersebut.  

"Saya sangat mengapresiasi dan mendukung penuh layanan penerbangan khusus kargo rute Surabaya-Hongkong yang mulai beroperasi per 6 Maret," tuturnya. 

Hal ini tentunya akan berkontribusi positif untuk membantu ekspor ke Hongkong sekaligus meningkatkan daya saing produk Indonesia.

Lebih lanjut Khofifah mengharapkan kiranya pembukaan penerbangan khusus kargo tersebut dapat dilihat sebagai peluang bagi pelaku UMKM khususnya yang berada di wilayah Jawa Timur. 

“Harapannya, peluang tersebut bisa meningkatkan semangat yang lebih bagi pelaku UMKM kita untuk berkembang dan berdaya saing," lanjut dia.

Sebelumnya, sejalan dengan upaya pengembangan jaringan penerbangan logistik dari wilayah Jawa Timur, Garuda juga telah menerbangkan penerbangan khusus kargo dengan rute Surabaya- Banjarmasin – Balikpapan enam kali setiap minggunya menggunakan armada B737-800NG dengan rata-rata pengangkutan komoditas telur tetas dan general cargo hingga 13,5 ton di setiap penerbangannya.

Selain itu, sejalan dengan upaya optimalisasi pasar kargo dan dukungan terhadap daya saing komoditas unggulan nasional, Garuda Indonesia sebelumnya juga telah melayani penerbangan khusus kargo Manado – Narita, Makassar - Singapura. Serta Denpasar – Hongkong. (omy)