Sederet Kecanggihan Kapal Selam Tipe 214 Made in Jerman yang Ditawarkan ke Prabowo

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 07/Mar/2021 15:28 WIB


Jakarta (BeritaTrans.com)  - Perwakilan dari Thyssen-Krupp Marine Systems (TKMS), produsen kapal selam asal Jerman pekan ini, tiba di Jakarta. Tujuan mereka adalah untuk menawarkan proposal pengadaan kapal selam Diesel-Listrik (SSK) Tipe 214 kepada TNI Angkatan Laut.

Rencana ini dilanjutkan melalui pertemuan para delegasi TKMS dengan Tim Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Lantas, seperti apa kecanggihan kapal selam Tipe ini sehingga Indonesia dalam rencana kerja pertahanan-nya melirik kapal selam buatan Jerman tersebut?

Kapal selam Diesel-Listrik (SSK) Tipe 214 merupakan salah satu kapal selam tercanggih buatan TKMS Jerman yang juga bertipe hybrid.

Menurut laman perusahaan (TKMS) seperti dikutip Minggu (7/3/2021), SSK Tipe 214 merupakan kapal selam dengan kompartemen berlambung tunggal yang menggabungkan prinsip desain dari tipe sebelumnya yakni tipe 209 dan tipe 212A.

Penggabungan prinsip desain tersebut, menjadikan SSK Tipe 214 memberi solusi penghematan biaya operasional yang sangat mumpuni dan menjadi opsi terbaik untuk digunakan bagi Angkatan Laut global.


Dengan panjang 72 meter dan diameter pressure hull 6,3 meter, kapal selam tipe ini dapat menampung sebanyak 27 kru dan memiliki 8 tabung senjata. SSK Tipe 214 juga mampu menyelam di kedalaman laut hingga 400 meter (1.300 kaki) dan bisa menampung makanan, air bersih dan bahan bakar selama 84 hari beroperasi.

Muatan yang besar tersebut memungkinkan cakupan jelajah dari kapal selam tersebut menjadi lebih luas dan fleksibel untuk dioperasikan mulai dari perairan pesisir hingga patroli di laut lepas.

Kapal selam tipe 214 yang dilengkapi teknologi Fuel Cell Air-Independent Propulsion System terbaru ini, juga telah terbukti meningkatkan ketahanan saat berada di kedalaman laut dan mengurangi resiko terdeteksi dengan dukungan upgrade dari kapabilitas sonar.

Terkait pertahanan, SSK Tipe 214 juga mampu membawa senjata besar diantaranya torpedo, rudal dan ranjau dengan kemampuan melesat dengan kecepatan maksimal tanpa menimbulkan suara kebisingan dari peralihan transmisi gigi.

Kecanggihan dari SSK Tipe 214 ini, telah menarik perhatian berbagai negara, mulai dari Korea Selatan yang telah memesan dan mengoperasikan 9 kapal selam tipe ini. Dilanjutkan dengan Turki, Yunani dan Israel.

Baca Juga:
Menhan Prabowo Serahkan 100 Unit Rantis E-Tactical Sergap Produk Dalam Negeri Kepada TNI dan Polri

(lia/sumber:cnbcindonesia.com)

Baca Juga:
Menhan Prabowo Hadiri Paris Air Show 2023, Miniatur Jet Tempur Rafale Berbendara Indonesia Ikut Dipajang