Layanan ASDP Dipuji Komisi VI DPR, Tapi Juga Diminta Terus Tingkatkan Kualitasnya

  • Oleh : Naomy

Senin, 08/Mar/2021 11:10 WIB
Suasana di Pelabuhan Penyeberangan Suasana di Pelabuhan Penyeberangan

BAKAUHENI (BeritaTrans.com) - Layanan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mendapatkan apresiasi dan dipuji karena telah menghadirkan penyeberangan dan pelabuhan di Pelabuhan Merak dan Bakauheni, Lampung yang kini semakin tertata dengan baik, nyaman, cepat dan modern. 

Hal itu disampaikan anggota Komisi VI DPR Ananta Wahana saat melakukan perjalanan ke Bandar Lampung akhir pekan lalu. 

Baca Juga:
Arus Balik Lebaran dari Jawa ke Bali Melalui Penyeberangan Terpantau Lancar

Dia menilai, pelayanan penyeberangan di Pelabuhan Merak dan Bakauheni Lampung dan sebaliknya telah mengalami banyak perubahan. 

“Ternyata sudah mengalami banyak perubahan, sangat berbeda jauh dari dua atau tiga tahun yang lalu. Kini, fasilitasnya cukup nyaman, bersih, dan tertata rapi, berbeda dengan saat saya masih di DPRD Banten. Kumuh, dan toiletnya juga bau pesing,” ujar Ananta. 

Baca Juga:
Puncak Arus Balik H+3 Lebaran, 39.729 Kendaraan telah kembali ke Pulau Jawa dengan Angkutan Penyeberangan

Melihat banyak perkembangan yang positif dan modern dalam angkutan penyeberangan yang dikelola ASDP, Ananta menilai, manajemen ASDP telah berhasil menangkap “Visi Indonesia” yang digagas Presiden Joko Widodo dalam memberikan pelayanan publik dengan mengedepankan aspek budaya dan kearifan lokal yang dikemas secara modern. 

Kendati demikian, Ananta tetap berpesan agar manajemen tidak lantas berpuas diri.

Baca Juga:
ASDP: Penumpang Agar Perhatikan Penyekatan Menuju Pelabuhan Ketapang

"ASDP tetap harus menjadi perusahaan yang kuat, dan bisa mengembangkan potensi yang dimilikinya. Ketika sudah tertata dengan baik, jangan sampai ini dinikmati oleh perusahaan lain yang berdalih investasi namun tidak berorientasi pada pelayanan publik," bebernya. 

Perlu konsolidasi dalam menata, sehingga betul-betul tertata, mulai dari segi pelayanan publik maupun secara bisnis. BUMN harus benar-benar bisa merasakan dan dirasakan oleh masyarakat, sehingga kehadiran BUMN benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

Hal senada disampaikan Pengamat Transportasi dan Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia ( MTI) Pusat Djoko Setijowarno yang menilai dalam tiga tahun terakhir ini ASDP telah banyak melakukan perbaikan dan modernisasi angkutan penyeberangan, tidak hanya dari terminal pelabuhannya tetapi juga armada dan layanan tiketnya. 

"Terminal dan armada kapalnya telah banyak yang direvitalisasi. Di pelabuhan kini semakin bersih, nyaman, dan aman. Fasilitas di kapal juga semakin baik. Jauh sekali bedanya dibandingkan dahulu" ujar Djoko. 

Dia mencontohkan Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk, perkembangannya pesat, kini sudah modern dan full digitalisasi.

Djoko mengungkapkan, beberapa tahun lalu, saat melakukan perjalanan ke Palembang dengan layanan penyeberangan reguler dan belum ada Tol Trans Sumatera, harus menempuh perjalanan hingga 14 jam.

"Kini dengan adanya layanan kapal ekspress dan Tol Trans Sumatera, waktu tempuh Jakarta-Palembang sekitar 7 jam saja. Tentu, ASDP harus terus meningkatkan layanannya, termasuk kecepatan kapalnya. Jangan sampai layanan ferry justru menjadi bottleneck, tetapi harus menjadi primadona," katanya lagi. 

ASDP berkomitmen akan terus meningkatkan pelayanan prima untuk memberikan pengalaman perjalanan sebaik mungkin bagi pengguna jasa, khususnya yang melintas di Merak-Bakauheni. (omy)