Tug Boat Tenggelam, Delapan ABK Terapung

  • Oleh : Fahmi

Senin, 08/Mar/2021 20:08 WIB
Ilustrasi tug boat. Ilustrasi tug boat.

BALIKPAPAN (BeritaTrans.com) - Sebuah tug boat (TB) Syarasd I yang bertolak dari Balikpapan menuju Palu dikabarkan tenggelam di sekitar Muara Pegah, Ahad (7/3/2021) dini hari. 

Perairan Muara Pegah menghubungkan Sungai Mahakam dengan Selat Makassar. 

Baca Juga:
Pelindo Group Wilayah Kerja Makassar Gelar Halal Bihalal Idulfitri 1445 H

Informasi adanya kapal tenggelam itu diterima petugas Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan pukul 11.10 Wita. 

“Laporan yang diterima, kapal mengalami trouble engine, air masuk ke dalam dek kapal,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Melkianus Kotta saat dihubungi. 

Baca Juga:
Mantap, Pelindo Jasa Maritim Sediakan Bus Gratis untuk Angkut Pemudik yang Balik Ke Makassar

Saat itu kapal membawa delapan awak. “Saat tenggelam seluruh penumpang terapung di tengah laut,” ungkapnya. 

Setelah mendapat informasi, Tim SAR langsung berangkat menuju lokasi sekira pukul 11.36 Wita dengan menggunakan KN 236 Wisanggeni dan estimasi sampai ke lokasi kejadian pukul 14.26 Wita. 

Baca Juga:
Executive General Manager Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Sambut Arus Balik Mudik di Pelabuhan Tanjung Priok

Perkiraan lokasi yang ditempuh Tim SAR sekira 54,90 kilometer atau 29,64 nautical mile. Saat ini, Tim Basarnas Kaltimtara bersama anggota Direktorat Polisi Perairan Udara (Ditpolairud) Polda Kaltim sedang dalam perjalanan menuju lokasi kejadian, untuk mengevakuasi korban. 

Belum diketahui secara rinci data manifest nakhoda sekaligus anak buah kapal (ABK). Sebab, tim masih fokus melakukan pencarian dan penyelamatan.  

“Anggota Ditpolairud bersama SAR sedang berupaya,” tambah Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana. 

Informasi terakhir sore kemarin, kapal tenggelam dan delapan awaknya terapung. Namun, tak jauh dari lokasi kejadian ada satu Kapal Hermes I yang kemudian melakukan evakuasi pada para korban yang terapung. (fh/sumber:kaltim.prokal.com)