Pengguna KRL Meningkat, KAI Commuter Menyatakan Tetap Tertib dan Patuhi Protokol Kesehatan di Awal Pekan

  • Oleh : Fahmi

Senin, 15/Mar/2021 12:19 WIB
Antrean pengguna KRL di Stasiun Bekasi pada Senin, 15 Maret 2021, pagi. Antrean pengguna KRL di Stasiun Bekasi pada Senin, 15 Maret 2021, pagi.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Terdapat antrean pengguna KRL di sejumlah stasiun Senin ini. Hal itu diterapkan untuk menghindari kerumunan di dalam rangkaian. 

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba pada siaran persnya, menyampaikan  kondisi seluruh stasiun pada Senin (15/3/2021) pagi ini terpantau lancar, kondusif, dan pengguna tetap tertib untuk antre naik KRL. 

Baca Juga:
Kecepatan Whoosh Dibatasi Gegara Hujan Lebat, Perjalanan Terlambat

"KAI Commuter mencatat hingga pukul 09.00 WIB jumlah pengguna KRL sebanyak 146.007 orang atau bertambah sekitar 4% dibanding waktu yang sama pada Senin pekan lalu yang mencapai 139.759 orang," sambung Anne. 

Anne juga menjelaskan, KAI Commuter mengoperasikan 986 perjalanan KRL per hari dengan jam operasional pukul 04.00-22.00 WIB sesuai arahan pemerintah. Namun hingga saat ini mobilitas pengguna masih terpusat di jam-jam sibuk pada pagi dan siang hari. 

Baca Juga:
Tangapi Rencana Kenaikan Tarif KRL Jabodetabek, KCI: Tunggu Keputusan Pemerintah

KAI Commuter mengajak para pengguna untuk merencanakan perjalanan dengan bijak dan memanfaatkan waktu-waktu di luar jam puncak kesibukan pengguna KRL agar dapat terhindar dari potensi kepadatan di stasiun dan di dalam kereta. 

Sejumlah stasiun mencatat kenaikan jumlah pengguna antara lain Stasiun Bojong Gede (11.535 pengguna, naik 10% dibanding waktu yang sama pekan lalu), Stasiun Bogor (10.062 pengguna, naik 25%), dan Stasiun Tangerang (4.976 pengguna, naik 4%). Adapun stasiun yang mengalami penurunan jumlah pengguna antara lain Stasiun Bekasi (6.652 pengguna, turun 1%), dan Stasiun Rangkasbitung (4.035 pengguna, turun 2%). 

Baca Juga:
Mantap, Selama Angleb, KCI Layani 20.960.944 Penumpang

KAI Commuter berharap para pengguna dapat mengatur perjalanannya dengan lebih fleksibel dan memiliki kesadaran untuk tidak naik ke dalam kereta yang telah terisi oleh para pengguna sesuai marka yang ada. Informasi jadwal, posisi kereta, dan pantauan kepadatan di stasiun dapat dilihat melalui aplikasi KRL Access. 

Seluruh protokol kesehatan dan aturan tambahan dalam menggunakan KRL tetap berlaku. Aturan-aturan tambahan ini yaitu bagi orang lanjut usia atau berusia 60 tahun ke atas, tiap harinya hanya dapat menggunakan KRL di luar jam sibuk yaitu pukul 10.00 hingga 14.00 WIB. Para pengguna yang membawa barang sesuai ketentuan namun ukurannya dapat mengganggu penerapan jaga jarak aman di KRL juga hanya dapat naik di luar jam sibuk. Sedangkan anak balita untuk sementara masih dilarang untuk naik KRL. 

Protokol kesehatan 3M juga senantiasa wajib dijalankan oleh para pengguna maupun petugas kami di stasiun maupun di dalan KRL. Aturan ini penting untuk selalu diikuti demi kesehatan bersama. KAI Commuter juga mengajak pengguna KRL untuk tetap mematuhi arahan pemerintah dengan mengurangi mobilitas serta mengatur bekerja dari kantor sebesar 50% guna menekan penyebaran Covid-19. (fahmi)