Kisah Sinden Ini yang Nyambi Jadi Sopir Dump Truck di Tegal

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 17/Mar/2021 08:44 WIB
Sinden yang nyambi jadi sopir dump truck di Tegal, Desi Larasati, Selasa (16/3/2021). (Foto: dok pribadi/Desi Larasati/detik.com) Sinden yang nyambi jadi sopir dump truck di Tegal, Desi Larasati, Selasa (16/3/2021). (Foto: dok pribadi/Desi Larasati/detik.com)

TEGAL (BeritaTrans.com) - Seorang sinden asal Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, bernama Desi Larasati (23) dikenal juga sebagai sopir dump truck. Bagaimana cerita Desi melakukan dua pekerjaan dengan tantangan yang sangat berbeda ini?

"Sejak SMA kelas 2 saya bisa nyupir dump truck," ujar Desi saat dihubungi melalui pesan singkat, Selasa (16/3/2021).

Baca Juga:
Offroader Wanita, Lody Francis Natasha dan Sasty Laksamana Bersiap Harumkan Indonesia di AXCR 2023 di Thailand-Laos

Desi mengaku sudah siap lahir dan batin menjalani profesinya sebagai sopir meski dunia kerjanya dinilainya cukup keras dan melelahkan. Salah satu tantangan yang ditemuinya yakni sering digoda oleh sesama sopir truk.

"Hidup di jalanan dengan komunitas laki-laki sudah lazim banyak diledekin dan digoda. Itu risiko saya dan tidak membuat saya harus marah. Yang penting saya baik sama mereka, sehingga mereka sekarang justru baik dengan saya,"

Baca Juga:
Ratusan Truk China Mulai Dikirim ke Konsumen di Indonesia

Selain itu, Desi mengaku mendapat dukungan dari suami yang juga berprofesi sebagai sopir maupun keluarganya. Sehingga Desi mantap untuk melanjutkan kegiatannya sebagai sopir dump truck.

Desi bercerita penghasilannya sebagai sopir truk dipakainya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan menabung. Salah satu hasil tabungannya, yakni tiga unit dump truck miliknya sendiri. Dua unit dump truk dioperasikan olehnya dan suami, sedangkan satu unit lainnya disewakan.

Baca Juga:
Jokowi Instruksi Mobil Listrik Sebagai Kendaraan Dinas, Ini Daftarnya untuk Menteri, TNI hingga Bupati

"Sekarang sudah punya tiga unit dump truck. Dua sudah lunas dan satu unit masih kredit. Semoga sebentar lagi lunas," lanjut ibu satu anak ini.

Sedangkan sebagai sinden, Desi tergabung dalam kelompok wayang almarhum Ki Enthus Susmono. Dia sudah menjadi sinden sejak SMA.

Kala itu, ia mengiringi musik gamelan pagelaran wayang dalang Ki Enthus Susmono. Namun, setelah Ki Enthus Susmono meninggal dunia, Desi mendampingi anaknya yakni Ki Haryo Enthus Susmono pentas.

"Tapi sekarang jarang manggung karena pandemi," tutupnya.

Diwawancara terpisah, Ki Haryo Susilo Enthus Susmono membenarkan Desi merupakan sinden sekaligus sopir dump truck. Selain bekerjasama sebagai dalang dan sinden, Ki Haryo ternyata juga sering meminta tolong Desi untuk menguruk lahan dengan dump trucknya.

"Memang dia itu sopir truk pasir. Sering saya minta untuk nguruk lahan di rumah," ujar Ki Haryo.

"Nyindennya juga rajin. Kalau lagi ada pentas selalu ikut," pungkasnya.(amt/sumber:detiknews.com)