Menhub Sempat Ultimatum, Bus Transpatriot Koridor 2 dan 3 Akhirnya Resmi Ditutup

  • Oleh : Bondan

Sabtu, 20/Mar/2021 00:01 WIB
Bus Transpatriot Bekasi. Foto: BeritaTrans.com. Bus Transpatriot Bekasi. Foto: BeritaTrans.com.

BEKASI (BeritaTrans.com) - Sebanyak 20 unit Bus Transpatriot koridor 2 dan 3 yang merupakan hinah dari Kementerian Perhubungan untuk Pemkot Bekasi, resmi ditutup.

Juru Bicara PD Mitra Patriot (Transpatriot) Iqbal Daud menjelaskan penutupan rute dilakukan secara bertahap.

Baca Juga:
Kemenhub Pastikan Berantas Praktik Travel Gelap

Namun, pihaknya mengaku kerap merugi sehingga operasionalnya terpaksa ditutup sepenuhnya pada Rabu (17/3/2021) lalu.

"Kita awalnya tidak langsung terlebih dahulu, kita bertahap untuk koridor 2 dan 3 itu ada 20 bus. Pertama kita kurangi jadi 15 yang beroperasi, lalu turun lagi jadi 10 tetapi terakhir kemarin Rabu (17/3/2021) sangat tidak memungkinkan untuk dipaksakan operasional," kata Iqbal saat dikonfirmasi, Jumat (19/3/2021).

Baca Juga:
Posko Terpadu Angkutan Lebaran Resmi Ditutup, Ada 242 Juta Pergerakan

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan operasionalnya terhenti, pertama, minimnya penumpang akibat terdampak pandemi.

Masyarakat yang memanfaatkan transportasi umum dengan rute Vida Bantargebang-Summarecon dan Sumber Arta-Wisma Asri tersebut, semakin berkurang.

Baca Juga:
Pergerakan Penumpang Angkutan Umum Masih Tinggi

"Selain jam operasional berkurang karena ATHB, membuat animo masyarakat pengguna moda angkutan massal Bus Transpatriot jadi menurun," tuturnya.

Selain itu, Pemkot Bekasi hingga kini hanya mampu memberikan subsidi untuk koridor 1, sedangkan koridor 2 dan 3 bertahan tanpa subsidi.

Kini, 20 bus tersebut kembali terbengkalai dan tak digunakan lantaran tak memiliki dana operasional.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bekasi menerima sebanyak 20 unit bus hibah dari Kementerian Perhubungan pada 2018 lalu.

Namun demikian, bus tersebut mangkrak dan tak juga beroperasi hingga membuat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengultimatum Pemkot Bekasi.

Selanjutnya, Pemkot Bekasi baru meresmikannya pada Kamis, 22 Agustus 2019 lalu dengan membuat dua koridor baru, yakni Vida Bantargebang-Summarecon dan Wisma Asri-Sumber Arta. (Tribunnews.com)