Tonny Koeswoyo dan 2 Tokoh NU Jadi Nama Jalan di Lingkar Tuban

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 21/Mar/2021 09:13 WIB
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meresmikan tiga nama jalan di Lingkar Tuban. Yakni Jalan KH Hasyim Asyhari, Jalan KH Abd. Wahab Hasbullah, dan Jalan Tonny Koeswoyo. (Foto: Istimewa) Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meresmikan tiga nama jalan di Lingkar Tuban. Yakni Jalan KH Hasyim Asyhari, Jalan KH Abd. Wahab Hasbullah, dan Jalan Tonny Koeswoyo. (Foto: Istimewa)

TUBAN (BeritaTrans.com)  - Nama pentolan grup musik Koes Plus, Tonny Koeswoyo resmi menjadi nama jalan di Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Jatim). Selain itu, nama dua tokoh kiai Nahdlatul Ulama (NU), KH  Hasyim Asyhari, dan KH Abd Wahab Hasbullah juga menjadi nama jalan di Jalan Lingkar Tuban. 

Nama jalan tersebut diresmikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, di Jalan Lingkar, Sabtu (20/3/2021). Peresmian ini ditandai dengan pembukaan tirai di perempatan Penambangan.

"Jalan Lingkar ini diharapkan bisa meningkatkan mobilitas masyarakat," kata Khofifah Indar Parawansa.

Khofifah menyatakan, Jalan Lingkar Tuban akan memberikan nilai tambah bagi Kabupaten Tuban. Sebagai contoh, bisa memudahkan untuk melakukan transportasi perdagangan barang dan jasa. Tentunya ini akan semakin menumbuhkan peningkatan ekonomi di Kabupaten Tuban. 

“Tentu juga bagi mobilitas yang akan melakukan berbagai aktivitas sosial, pendidikan dan sebagainya. Harapannya terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat,” ujar Khofifah.

Sementara itu, Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein menambahkan, Jalan Lingkar Tuban sudah direncanakan sejak tahun 2013. Pemkab Tuban juga sudah berkonsultasi pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Setelah berkonsultasi, Pemkab Tuban diberikan tugas untuk membebaskan lahan," katanya.

Jalan Lingkar Tuban telah menghabiskan anggaran hampir Rp300 miliar yang digunakan mulai dari pembebasan lahan hingga pembangunan fisiknya. Lahan yang telah dibebaskan pemerintah daerah seluas 372.769,25 meter persegi dengan dana APBD Tahun 2014-2019 total senilai Rp152 miliar.

Pembangunan Jalan Lingkar Tuban Sisi Selatan menggunakan APBD Kabupaten Tuban Tahun 2019 dengan nilai Rp70 miliar sepanjang 5.770 meter. Sementara pada APBD Kabupaten Tuban Tahun 2019 Rp78 miliar sepanjang 6.680 meter.

(lia/sumber:inews.id)