Kemenhub Gelar Padat Karya di Distrik Navigasi Surabaya dan Padang

  • Oleh : Naomy

Rabu, 24/Mar/2021 09:16 WIB
Padat karya di Surabaya Padat karya di Surabaya


SURABAYA (BeritaTrans.com) -  Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut kembali melakukan program padat karya di Kantor Distrik Navigasi (Disnav) Surabaya, Jawa Timur dan Teluk Bayur Padang, Sumatera Barat.

Program Padat Karya bertempat di Stasiun Radio Pantai Jalan Kalimas Baru no 73 Surabaya  meliputi kegiatan pengecatan tembok, perbaikan paving dan pembersihan lingkungan SROP. 

Baca Juga:
H+12 Lebaran 2024, Pelindo Regional 4 Catat 667.012 Penumpang Naik dan Turun di Pelabuhan Timur Indonesia

Kepala Disnav Surabaya, Imam Hambali mengatakan, kegiatan ini berlangsung 23 - 24 Maret 2021 melibatkan 100 masyarakat setempat yang berkategori pengangguran dan setengah pengangguran.

"Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka membantu meringankan beban warga di tengah pandemik global yang tentu saja berdampak pada ekonomi sebagian besar masyarakat," ujar Imam, Rabu (24/3/2021).

Baca Juga:
Tingkatkan Kapasitas Bongkar Muat Curah Kering, Pelindo Tambah 2 Unit Mini Bulldozer

Tujuan lain dari program Padat Karya ini, memupuk rasa kebersamaan, gotong royong, meningkatkan partisipasi masyarakat serta kualitas dan kuantitas pemberdayaan masyarakat.

Selain itu, Padat Karya diharapkan dapat mewujudkan peningkatan akses masyarakat dengan berbasis pendekatan pemberdayaan masyarakat, membangkitkan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga:
Pelindo Group Wilayah Kerja Makassar Gelar Halal Bihalal Idulfitri 1445 H

Kegiatan ini disaksikan Anggota Komisi V DPR Sigit Sosiantomo dan instansi di seputaran pelabuhan Tanjung Perak.

Dia apresiasi terselenggaranya program Padat Karya, yang dinilai sangat membantu masyarakat terutama di tengah kondisi pandemi seperti saat ini.

"Program padat karya merupakan upaya pemerintah untuk mengurangi kemiskinan terutama dimasa pandemi," ujarnya.

Dalam waktu bersamaan, Padat Karya juga dilaksanakan serentak di beberapa Unit Pelaksana Teknis (UPT) wilayah Sumatera Barat.

 Diantaranya Kantor Distrik Navigasi (Disnav) Teluk Bayur, KSOP Teluk Bayur, UPP Sikakap, UPP Siuban dan UPP Siberut.

Padat Karya di wilayah Sumatera Barat disaksikan langsung oleh Anggota Komisi V DPR Athari Gauthi dan Perwakilan DPRD Sumatera Barat Deswanto.

Adapun masyarakat yang dilibatakan sebanyak 149 orang masyarakat dengan rincian Disnav Teluk Bayur 75 orang, KSOP Teluk Bayur 25 orang, UPP Sikakap 22 orang, UPP Siuban tujuh orang dan UPP Siberut 20 orang.

Pelaksanaan Padat Karya berlangsung dua hingga 10 hari di masing-masing wilayah kerja dengan jenis pekerjaan yang berbeda mulai dari rehab bangunan, pemeliharaan hingga pengecatan bangunan. (omy)