Norwegia Bakal Bangun Terowongan Kapal Pertama di Dunia di Bawah Pegunungan

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 24/Mar/2021 13:31 WIB
Foto: CNN Foto: CNN

NORWEGIA (Beritatrans.com) -  Norwegia akan segera membangun terowongan pertama di dunia, yang dirancang untuk membantu kapal menavigasi Laut Stadhavet yang berbahaya.

Rencana ini pertama kali diumumkan beberapa tahun yang lalu oleh Administrasi Pesisir Norwegia. Terowongan sepanjang 36 meter ini akan melalui pegunungan semenanjung Stadhavet di barat laut Norwegia.

Baca Juga:
Pertama di Dunia! Terowongan Kapal Dibangun di Bawah Pegunungan Norwegia

Pembangunan ini akan menelan biaya hingga USD330 juta (Rp3,7 triliun) dan memakan waktu antara tiga hingga empat tahun. Proyek pembangunan akan dimulai pada 2022.

"Ini adalah proyek yang telah direncanakan selama beberapa dekade. Jadi sangat menyenangkan akhirnya dapat memulai pekerjaan konstruksi dalam satu tahun," terang anajer proyek sementara Terje Andreassen dari Administrasi Pesisir Norwegia kepada CNN Travel.

Saat ini, kapal-kapal yang berlayar di sekitar Stadhavet sering kali terkena dampak gelombang pasang dan cuaca buruk.

"Garis pantai di luar semenanjung itu adalah daerah paling berbadai di Norwegia, dengan topannya," kata Andreassen.

"Anda mendapatkan banyak arus aneh di sini,” ujarnya.

Terkadang kapal harus menunggu berhari-hari di pelabuhan terdekat agar kondisi cuaca membaik.

Namun di dalam terowongan, cuaca dan pasang surut seharusnya tidak memengaruhi transit.

Terowongan ini diklaim akan membuat perjalanan kapal lebih aman dan lancar yang mengarah pada layanan feri berkecepatan tinggi dan juga memperkuat aktivitas industri dan komersial di kawasan itu.

“Ini akan terhubung lebih baik, akan lebih mudah untuk bepergian,” lanjutnya.

Administrasi Pesisir Norwegia mencatat bahwa sementara terowongan lain dapat menampung kapal dan tongkang kecil, tidak ada jalan bawah tanah lain yang telah dibangun untuk melayani kapal besar.

Terowongan kapal di Stadhavet ini akan menggali melalui titik tersempit di semenanjung Stadhavet, yang membuat pekerjaan ini lebih bisa dilakukan, karena terowongan itu sebenarnya tidak akan terlalu lama.

Nantinya masuk ke terowongan akan dikendalikan oleh sistem lampu lalu lintas. Pengalian akan dilakukan melalui rig pengeboran bawah tanah dan rig palet. Membangun terowongan kemungkinan akan melibatkan pemindahan beberapa bangunan - dan sekitar tiga juta meter kubik batu.

Administrasi Pesisir Norwegia mengatakan struktur yang telah selesai akan serupa dengan "aula gunung yang besar dan panjang".

Meskipun terowongan tersebut kemungkinan akan menarik perhatian para penggemar infrastruktur dari seluruh dunia, tujuan utama terowongan ini adalah untuk sekadar membuat transit di Laut Stadhavet "aman" dan "dapat diprediksi".

Saat ini, tidak mungkin melalui terowongan dengan berjalan kaki, jadi jika Anda tertarik, naik perahu akan menjadi satu-satunya pilihan. (sumber:okezone.com)