Layanan Same Day Service, Pelaku E-Commerce Butuh Penerbangan Kargo dari Bandara Kertajati

  • Oleh : Redaksi

Senin, 29/Mar/2021 06:08 WIB


MAJALENGKA (BeritaTrans.com) - Banyak pelaku bisnis e-commerce membutuhkan transportasi udara untuk mengirim komoditas dari Jawa Barat ke sejumlah daerah di Indonesia.

"Pelaku e-commerce, terutama di kawasan Kuningan, Majalengka, Cirebon, Indramayu, Tasikmalaya dan Ciamis, itu membutuhkan layanan pengantaran berupa same day service," ungkap Direktur Utama PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Salahudin Rafi.

Baca Juga:
Bandara Kertajati Layani Angleb Setelah Operasi Penuh, Jumlah Penumpang di Puncak Mudik Tembus 2.386

Menurut Rafi, dalam diskusi dengan banyak pelaku e-commerce, diketahui karena ketiadaan dukungan transportasi udara untuk memenuhi layanan same day service iru maka banyak pesanan tidak dapat dipenuhi oleh pelaku e-commerce.

Keoada BeritaTrans.com dan Aksi.id, Senin (29/3/2021), dia menuturkan pesanan melalui aplikasi digital tersebut datang dari antara lain Makassar, Balikpapan, Pekanbaru, Deli Serdang.

Baca Juga:
Bandara Kertajati Terus Upaya Penambahan Rute Penerbangan

Potensi market dari trafik perdagangan e-commerce iru, Rafi mengutarakan terus dikomunikasikan dengan kalangan airlines untuk mengerahkan penerbangan kargo.

Banyak maskapai tertarik, dia mengemukakan hanya saja harus mengkalkulasi bisnisnya terutama menyangkut aspek disparitas kargo.

Baca Juga:
Menhub Tinjau Bandara Internasional Jawa Barat, Persiapan Angkutan Lebaran

"Airlines maunya tidak hanya terbang membawa kargo dari Bandara Kertajati, tetapi pulangnya juga kembali membawa kargo. Two traffic. Kami sedang terus berdiskusi mengeksolorasi solusi soal ini," cetusnya.

Kargo Garuda Indonesia

Mengenai penerbangan kargo Garuda Indonesia, Rafi mengungkapkan masih reguler setiap Selasa dari Kertajati ke Batam.

"Penerbangan kargo  Garuda ini menggunakan pesawat penumpang. Disparitas dapat ditekan karena Garuda dari Batam mengangkut penumpang," ujarnya.

Mengenai barang kargo, dia mengungkapkan antara lain lele dari Cimahi serta sayur-mayur segar dari daerah lain.

"Produk perikanan dan pertanian dari Jawa Barat memang unggulan. Penerbangan kargo Garuda ini amat membantu pebisnis di Jawa Barat, rermausk petani dan peternak," ungkapnya. (awe).