Sistem Hidrolik Bermasalah, Batik Air Putar Balik lagi ke Semarang

  • Oleh : Fahmi

Senin, 29/Mar/2021 11:36 WIB
Ilustrasi pesawat Baik Air. Ilustrasi pesawat Baik Air.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID 6355 tujuan Jakarta yang berangkat melalui Bandara Internasional Jendral Ahmad Yani Semarang, putar balik setelah kurang lebih selama 15 menit mengudara. 

Pesawat yang dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Ahad (28/3/2021) tepat pukul 15.15 WIB harus kembali ke Bandara Ahmad Yani atas keputusan pilot pada penerbangan itu. 

Baca Juga:
INACA: Iuran Pariwisata jadi Beban Tambahan Penumpang dan Maskapai Penerbangan

Coorporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan pilot dalam penerbangan tersebut memutuskan untuk memutar balik atau kembali ke bandara udara asal (return to base) setelah mendapati salah satu indikator penerbangan tidak dalam posisi semestinya. 

"Pilot melakukan komunikasi dengan petugas lalu lintas udara dikarenakan ada salah satu indikator pada kokpit yang menunjukkan komponen tertentu tidak dalam posisi yang seharusnya sehingga perlu dilakukan pemeriksaan kembali di darat," kata Danang melalui keterangan tertulisnya, Senin (29/3/2021). 

Baca Juga:
Tony Fernandes Kembali Terpilih Sebagai CEO Capital A

Keputusan putar balik ini, kata Danang, dilakukan pilot lantaran ingin memastikan seluruh penumpang dan awak pesawat dalam keadaan aman. Apalagi didapati, persoalan yang terjadi pada pesawat ini ada di sistem hidrolik pesawat. 

"Dikarenakan kendala teknis pada sistem hidrolik pesawat, maka pilot memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal (return to base/ RTB). Keputusan pilot ini untuk memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan," kata dia. 

Baca Juga:
Pelita Air Persembahkan "Kartini Flight" untuk Apresiasi Makin Pentingnya Peran Perempuan

Danang menjelaskan, sebelum mendarat, pesawat juga sempat melakukan putaran (holding) dikarenakan cuaca buruk dengan jarak pandang pendek. Hal ini kata dia, memang tidak memenuhi kualifikasi keselamatan untuk pesawat mendarat atau lepas landas. 

"Setelah jarak pandang dinyatakan aman dan mendapatkan izin mendarat dari pengatur lalu lintas udara, Batik Air penerbangan ID-6355 mendarat pukul 15.00 WIB," jelas Danang. 

Sejak kemarin, pesawat itu berada di landas parkir (apron) bandar udara. Seluruh penumpang sebanyak kurang lebih 120 penumpang diarahkan dan dibawa ke ruang tunggu guna mendapatkan informasi dan layanan lebih lanjut. 

"Batik Air menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh tamu yang terganggu perjalanannya atas ketidaknyamanan yang timbul dari penerbangan ID-6355," jelas Danang. 

Meski begitu, kemarin para penumpang pesawat tersebut telah diberangkatkan kembali tepat pukul 18.13 WIB dari Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani. Dalam penerbangan ini, kata Danang, Batik Air mengganti pesawat udara dengan menggunakan armada lainnya yakni Airbus 320-200CEO registrasi PK-LZJ. 

"Penerbangan ID-6355 telah diberangkatkan kembali menggunakan jadwal keberangkatan terbaru pukul 18.13 WIB dari Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani," kata dia.(fhm)