Presiden RI Minta Warga Jabar-Jateng Ibadah Haji & Umrah Via Bandara Kertajati

  • Oleh : Redaksi

Senin, 29/Mar/2021 18:38 WIB
foto:istimewa foto:istimewa

JAKARTA Pemerintah mencari berbagai cara untuk membuat Bandara Kertajati, di Majalengka, Jawa Barat berfungsi optimal. Salah satunya dengan mendorong warga Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Tengah (Jateng) bagian timur yang ingin pergi ibadah haji dan umrah melalui bandara yang dikenal juga dengan nama BIJB atau Bandara Internasional Jawa Barat itu..

Hal itu menjadi salah satu pembahasan dalam rapat terbatas di Istana Merdeka yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga:
Bandara Kertajati Terus Upaya Penambahan Rute Penerbangan

"Kami laporkan juga dan Presiden mengarahkan bahwa nanti paling tidak umrah dan haji semua warga Jabar dan Jateng bagian timur itu kita konsentrasikan di Kertajati," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (29/3/2021).

Budi juga mengatakan dalam rapat itu juga dilaporkan bahwa pembangunan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) akan selesai pada Desember 2021. Tol itu akan menjadi akses dari Bandung menuju Bandara Kertajati.

Baca Juga:
Menhub Tinjau Bandara Internasional Jawa Barat, Persiapan Angkutan Lebaran

"Kertajati sebagai bandara akan menjadi lengkap karena tol Cisumdawu dari Bandung ke Kertajati akan selesai di Desember 2021. Artinya pergerakan penumpang di Kertajati akan menjadi lebih baik setelah Desember 2021," terang Budi.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menambahkan, selama ini Bandara Kertajati belum berfungsi optimal karena askes ke bandara yang masih belum tersedia dengan baik. Oleh karena itu dia yakin dengan adanya tol Cisumdawu maka Bandara Kertajati akan berfungsi optimal.

Baca Juga:
Bandara Kertajati Targetkan Tahun Ini Layani 1,2 Juta Penumpang

"Bandara Kertajati hari ini belum berfungsi optimal karena akses Cisumdawu yaitu jalan tol dari Bandung ke bandara belum selesai. Tapi tadi disampaikan Kementerian PUPR oleh pak Menteri alhamdulillah, Insya Allah mohon doanya Desember 2021 akan terhubung," tutur Ridwan Kamil.(amt/sumber:detik.com)