Kapal Patroli KN Jembio Cari Korban Tabrakan MV Habco Pioneer dan KM Barokah Jaya di Indramayu

  • Oleh : Naomy

Minggu, 04/Apr/2021 10:30 WIB
Pencarian korban kecelakaan di perairan Indramayu Pencarian korban kecelakaan di perairan Indramayu

INDRAMAYU (BeritaTrans.com) - Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) melalui Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas I Tanjung Priok mengerahkan kapal Patroli KN. Jembio P.215 mencari korban tabrakan kapal MV. Habco Pioneer dan kapal penangkap ikan KM. Barokah Jaya di sekitar pantai Cirebon dan Indramayu pagi ini (4/4/2021).

Baca Juga:
Sorry yee! Motor Listrik Dilarang Ikut Mudik Gratis Naik Kapal Laut, Simak Alasannya

Kapal Basarnas, KN. SAR Wisnu telah tender (berendeng) dengan kapal MV. Habco Pioneer, cuaca dilaporkan cerah berawan dengan tinggi gelombang 0.25 meter.

"Selain kapal Basarnas, KPLP mengerahkan Kapal Patroli KN. Jembio P.215 dengan menurunkan Sea Ridernya yang dikerahkan mencari korban tabrakan kapal tersebut di pesisir pantai Cirebon dan Indramayu," ujar Direktur KPLP Ahmad.

Baca Juga:
Persiapan Angleb, Pelni Tingkatkan Fasilitas Kapal dan Dorong Pemudik Pesan Tiket di Aplikasi

Pada musibah tersebut, kapal penangkap ikan KM. Barokah Jaya terbalik, dari 32 awak kapal sebanyak 15 orang berhasil dievakuasi, sisanya masih dalam pencarian oleh Basarnas dan juga KPLP serta kapal-kapal lainnya yang berada di lokasi.

Adapun, informasi tabrakan tersebut diterima oleh Vessel Traffic Service (VTS) Cirebon hari Sabtu (3/4/2021) pukul 16.45 WIB.  VTS Cirebon tersebut menerima Telepon Satelit dari MV. Habco Pioneer yang terlibat tabrakan kapal dimaksud.

Baca Juga:
Pelni Pastikan 56 Kapal Layak Laut dan Operasi di Angleb 2024

MV. Habco Pioneer merupakan kapal Bulk Carrier dengan rute pelayaran Balikpapan - Merak. Adapun KM Barokah Jaya merupakan kapal penangkap ikan berbobot GT. 29 milik Tohir, warga Desa Eretan Wetan Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu. Selain sebagai pemilik kapal, Tohir juga menjadi nahkoda KM Barokah Jaya.

KM Barokah Jaya dilaporkan berangkat melaut dari Pelabuhan Perikanan Eretan, Jumat (2/4/ 2021)

Kecelakaan tersebut terjadi pada koordinat 05`37'35" S 108`17'18" E atau sekitar 60 Mil Cirebon Utara (Pulau Rakit) Kabupaten Indramayu Jawa Barat.

Kapal ditabrak oleh kapal penangkap ikan MV. Barokah Jaya yang menyebabkan kapal penangkap ikan tersebut terbalik sedangkan kapal MV Habco Pioneer mengalami mati mesin setelah baling-baling kapal tersangkut jaring KM Barokah Jaya usai keduanya bertabrakan.

"Kami masih terus mencari korban tabrakan kapal yang belum ditemukan. Bersama Basarnas dan unsur terkait juga masyarat nelayan, KPLP mengerahkan Sea Rider KN.P Jembio turut mencari korban. Semoga segera diketemukan dalam waktu tidak terlalu lama. Kami akan update segera perkembangannya," tutup Ahmad. (omy)