Pagar Pengaman Pelabuhan Ba`a Ambruk 65 Meter Dihantam Gelombang Pasang

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 04/Apr/2021 07:25 WIB
foto:istimewa/victorynews.id foto:istimewa/victorynews.id

ROTE NDAO (BeritaTrans.com) Huja disertai angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Rote Ndao, Sabtu (3/4), mengakibatkan gelombang pasang yang menjebol pagar pengaman Pelabuhan Ba’a. Pagar pengaman di sisi kanan komplek Unit Pengelola Pelabuhan (UPP) Ba’a tersebut ambruk sekitar 65 meter.

Kepada VN, Muhammad Pene, salah seorang karyawan UPP Ba’a mengatakan, ambruknya pagar pengaman tersebut terjadi sekitar pukul 12.00 Wita diakibatkan terpaan gelombang pasang yang cukup besar, dipicu hujan deras disertai angin kencang di wilayah perairan bagian utara Kabupaten Rote Ndao tersebut.

“Kemungkinan ambruknya pagar pengaman itu diakibatkan hantaman gelombang pasang selama sepekan terakhir yang dipicu hujan disertai angin kencang,” kata Muhamad.

Menurutnya, akibat ambruknya pagar pengaman tersebut juga mengakibatkan hempasan gelombang masuk merendam hampir seluruh areal Pelabuhan Ba’a. Air laut yang masuk melalui pagar yang ambruk itu merendam sebagian besar areal pelabuhan, hingga mencapai tiga unit gudang penyimpanan bahan bangunan (semen) milik para pengusaha di Rote Ndao.

“Semen yang ada di dalam gudang-gudang tersebut terendam air laut. Namun belum bisa dupastikan berapa jumlah sak semen yang rusak akibat terendam air laut,” katanya.

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu didampingi Wakil Bupati Stefanus M Saek, Kadis PUPR Dominggus Modok, dan sejumlah staf juga meninjau lokasi kejadian.

Denny Oeina, salah sorang staf Dinas PUPR yang turun melakukan pendataan dan penghitungan kerusakan, kepada VN menjelaskan, Pagar Pengaman Pelabuhan Ba’a yang ambruk sepanjang 65 meter.

Menurutnya, kompleks Pelabuhan Ba’a merupakan aset Kementerian Perhubungan RI, pihaknya melakukan pendataan dan penghitungan hanya untuk kepentingan laporan bencana.

“Kami hanya melakukan pendataan dan penghitungan untuk kepentingan pelaporan bencana saja. Soal usulan perbaikan itu ranahnya pihak UPP Ba’a,” katanya singkat. (amt/sumber:victorynews.id)

Tags :