Kesal Ditabrak Jack Miller, Joan Mir: Dia Sengaja dan Berbahaya

  • Oleh : Bondan

Senin, 05/Apr/2021 10:13 WIB
Joan Mir marah dengan manuver Jack Miller di MotoGP Doha 2021. Foto: CNNIndonesia.com Joan Mir marah dengan manuver Jack Miller di MotoGP Doha 2021. Foto: CNNIndonesia.com

JAKARTA (BeritaTrans.com) -  Joan Mir mengklaim Jack Miller melakukan manuver berbahaya dan sengaja menabraknya pada balapan MotoGP Doha 2021, Minggu (4/4/2021). Mir mengatakan Miller seharusnya mendapatkan hukuman.

Miller menabrak Mir di trek lurus Sirkuit Losail pada kecepatan 200 km/jam saat balapan MotoGP Doha berjalan 13 lap. Manuver itu dilakukan Miller setelah Mir menyenggolnya di tikungan sepuluh.

Baca Juga:
Dorna Sports Apresiasi MotoGP 2023: Lebih Baik dari Tahun Lalu

Mir mengaku bersalah menyenggol Miller di tikungan 10. Namun, juara bertahan MotoGP itu mengatakan manuver terhadap Miller masih dalam batas normal di sebuah balapan.

"Apa yang terjadi dengan Miller di tikungan 10, itu satu-satunya tempat di mana saya bisa menyalip dan saya melakukan dengan benar. Miller memutuskan tetap di jalur luar. Kami berdua sedikit melakukan kontak, kemudian saya menarik sepeda motor. Saya tahu manuver saya sedikit berisiko, tapi itu tidak melewati batas," ucap Mir dikutip dari Autosport.

Baca Juga:
Menparekraf Apresiasi MotoGP Mandalika 2023: Lampaui Target Jumlah Penonton!

"Saya menggerakkan kaki untuk minta maaf karena saya tidak bisa menghindari Miller. Kemudian di lap yang sama saya melebar di tikungan terakhir, ketika saya kembali ke jalur, saya melihat Miller. Dia menggerakkan kepala seperti melihat saya. Saya kembali ke kerb, Miller mendekat dan kami bersenggolan," ujar Mir.

Mir menganggap manuver 'balas dendam' yang dilakukan Miller sangat berbahaya. Pembalap asal Spanyol itu mengatakan Miller sengaja menabraknya.

Baca Juga:
Asik, Ada Diskon 15% Beli Official Merchandise MotoGP Mandalika 2023 Gunakan Kartu BNI

"Kami hampir kecelakaan di jalur lurus, jadi saya pikir itu sangat berisiko, manuver yang sangat berbahaya. Saya pikir dia [Miller] sengaja. Bandingkan insiden saya dan Aleix Espargaro dengan saya dan Miller," ucap Mir.

"Aleix melebar di tikungan terakhir, tapi dia tetap di jalur luar dan saya tidak menabrak dia. Saya menghormati rival. Miller tidak menunjukkan rasa hormat dalam insiden ini. Itu dua insiden yang sama, jadi kalian bisa menilainya," sambung Mir.

FIM MotoGP Stewards memutuskan untuk tidak memberi hukuman kepada Miller. Mir pun menyerahkan masalah ini ke pihak Suzuki, namun yang pasti Mir menganggap Miller pantas mendapat hukuman.

"Saya pikir tim [Suzuki] akan menilai apakah mereka akan banding atau tidak. Yang pasti hal ini harus diinvestigasi karena manuver [Miller] ini melewati batas. Jika dia sengaja, seharusnya dia mendapat penalti. Jika tidak sengaja, maka tidak. Tapi, saya pikir dia menggerakkan kepala [dan melihat] dengan sempurna," ucap Mir. (dan/sumber: CNNIndonesia.com)