All New Toyota GR 86 versi 2022, Tampang Garang dan Sporty

  • Oleh : Bondan

Selasa, 06/Apr/2021 14:18 WIB
All New Toyota GR 86 Model of Year (MoY) 2022. Foto: Ayobandung.com. All New Toyota GR 86 Model of Year (MoY) 2022. Foto: Ayobandung.com.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Toyota memperkenalkan All New Toyota GR 86 sebagai bagian keluarga racing usai pendahulunya Toyota GR Supra dan Toyota GR Yaris.

Seperti dikutip dari Carscoops, baik dari sisi performa maupun desain eksterior, All New Toyota GR 86 menjanjikan keseruan tersendiri. Mesin gahar dengan tampilan sarat unsur sporty.

Baca Juga:
Toyota Bermitra dengan Douze Luncurkan Sepeda Kargo Listrik

Toyota GR 86 menggunakan grille "Fungsional Matrix", sebelumnya desain ini bisa dijumpai pada Toyota GR Yaris. Sementara lampu depan menggunakan LED dan memiliki desain yang sedikit berbeda dari Subaru BRZ, kembarannya.

Fitur eksterior baru lainnya adalah komponen aerodinamis yang terinspirasi dari produk tunggangan balap, seperti penggunaan saluran udara khusus dan spoiler samping dengan kegunaan meningkatkan stabilitas mobil.

Baca Juga:
Road To Jamboree Nasional TACI Ketiga akan Berlangsung di Kota Malang

Pembaruan Teknologi di Sektor Interior

Toyota mengatakan telah mengoptimalkan interior All New Toyota GR 86 untuk memaksimalkan fokus pada pengemudi dengan cara mendesain sistem infotainment sehingga membuat pengemudi tetap mampu fokus pada kegiatan berkendara.

Baca Juga:
Innova Hybrid Meluncur Bulan Ini, Toyota Hadirkan 2 Pilihan Mesin Bensin

Layar infotaiment 7 inci memiliki tampilan lebih modern. Namun masih tersedia beberapa tombol fisik dengan pertimbangan tetap menjadi kebutuhan konsumen.

Bobot Lebih Ringan

All New Toyota GR 86 memiliki bobot yang kurang lebih sama, berkisar 1.270 kg. Dan pihak perusahaan telah memangkas bobot total, sehingga All New Toyota GR 86 baru disebutkan lebih baik daripada pendahulunya.

Salah satunya penggunaan material lebih ringan. Seperti bahan aluminium untuk panel atap dan sepakbor. Hal ini dimaksud untuk menjaga pusat gravitasi tetap rendah. Perpaduan material yang mampu meningkatkan torsi 50 persen.

Spesifikasi Mesin

All New Toyota GR 86 didukung mesin empat silinder 2.4L, sama dengan Subaru BRZ. Mobil ini mampu menghasilkam tenaga sebesar 232 dk (235 PS/173 kW) dan 184 lb-ft (250 Nm), dan kemampuan berakselerasi 100 km per jam dalam 6,3 detik, atau 1,1 detik lebih cepat dari model sebelumnya.
Tenaga puncak dan torsi masing-masing mencapai 7.000 dan 3.700 rpm.

Menurut Toyota, respons keseluruhan mesin telah ditingkatkan untuk memberikan transisi yang lebih baik dari rpm rendah ke tinggi. Dengan sistem gerak roda belakang, All New Toyota GR 86 mengandalkan sistem transmisi otomatis atau manual 6-percepatan. (dan/sumber: Ayobandung.com)