Pelni Siapkan 2 Kapal untuk Pengiriman Bantuan Bencana di NTT dari Surabaya

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 10/Apr/2021 06:43 WIB
Kapal Pelni (dok) Kapal Pelni (dok)

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Pelayaran Nasional Indonesia - PT Pelni (Persero) sebagai perusahaan pelayaran dan logistik maritim menyediakan dua armada kapal penumpang, KM Awu dan KM Egon, untuk mengangkut bantuan kemanusiaan bagi korban bencana alam di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Baca Juga:
Pelni Tuntaskan Arus Balik Angkutan Mudik Gratis Sepeda Motor 2024

Masyarakat yang ingin mengirimkan bantuan dapat ke Posko Bantuan Bencana di Kantor Cabang Pelni Surabaya paling lambat tiga jam sebelum KM Egon diberangkatkan  Sabtu (10/4/2021) pukul 20.00 WIB.

Pjs. Kepala Kesekretariatan Perusahaan Opik Taupik menyampaikan Pelni mengajak seluruh perusahaan BUMN, swasta, maupun organisasi kemasyarakatan untuk dapat memanfaatkan armada kapal Pelni dalam mengirimkan bantuan kemanusiaan. 

Baca Juga:
KM. Dobonsolo Kembali Angkut Ribuan Peserta Arus Balik Mudik Gratis Sepeda Motor Dari Semarang ke Jakarta

"Kedua kapal tersebut akan mengangkut bantuan dengan titik keberangkatan dari Surabaya menuju Waingapu dan Kupang," jelas Taupik. 

"Untuk pengangkutan barang bantuan pertama, Perusahaan akan memberangkatkan KM Egon pada hari ini dan dijadwalkan tiba di Pelabuhan Waingapu Selasa (13/4/2021).

Baca Juga:
Executive General Manager Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Sambut Arus Balik Mudik di Pelabuhan Tanjung Priok

Untuk kapal kedua, KM Awu dijadwalkan bertolak dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya Senin (12/4/2021) dan dijadwalkan tiba di Pelabuhan Waingapu pada Kamis (15/4/2021) dan tiba di Pelabuhan Kupang pada Jumat (16/4). 

Taupik menambahkan dalam pengiriman bantuan kemanusiaan, armada kapal tersebut telah dipersiapkan untuk membawa sembako, barang keperluan sehari-hari, kendaraan, hingga relawan/tenaga medis. 

"KM Egon merupakan kapal jenis Ro-Ro dengan kapasitas 500 pax. Kapal tersebut mampu mengangkut penumpang, muatan barang, hingga kendaraan bermotor. Kami sangat berharap segenap lapisan masyarakat dapat memanfaatkan momen ini untuk dapat meringankan penderitaan saudara kita di daerah terdampak bencana," urainya. 

Selain mengerahkan dua kapal Pelni, untuk mengangkut bantuan bencana ke wilayah NTT, pihaknya juga menyalurkan bantuannya kepada para korban yang terdampak senilai Rp100.000.000,- sebagai bentuk kepedulian Perusahaan. 

Bantuan ini diwujudkan dalam bentuk barang yang akan diangkut dengan KM Egon yang akan diberangkatkan dari Surabaya dengan KM Egon.

Masyarakat yang ingin membutuhkan informasi lebih lanjut atas kegiatan pengangkutan bantuan bagi wilayah NTT dengan dua kapal Pelni ini dapat menghubungi Kantor Cabang PELNI Surabaya sebagai pelabuhan keberangkatan.

"Informasi juga dapat diperoleh melalui PIC pengangkutan bantuan bencana NTT di Surabaya (Titin HP 0813-3222-3338 / Tanty HP 0821-9464-6984) serta website dan akun sosial media resmi Pelni di @pelni162 maupun contact center 021-162 serta layanan WhatssApp di nomor 0811-162-1-162 selama 7 x 24 jam," pungkas Taupik. (omy)