Keberangkatan Kedua, Kapal Pelni Angkut Ambulans hingga Relawan ke NTT

  • Oleh : Naomy

Senin, 12/Apr/2021 11:50 WIB
PT Pelni mengerahkan KM Egon untuk mengangkut bantuan bagi korban bencana NTT yang diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada Minggu (11/4) menuju Waingapu. PT Pelni mengerahkan KM Egon untuk mengangkut bantuan bagi korban bencana NTT yang diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada Minggu (11/4) menuju Waingapu.

Jakarta (BeritaTrans.com) -  PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) memberangkatkan kapal kedua menuju Nusa Tenggara Timur untuk bantuan kemanusiaan bencana alam Badai Siklon Tropis Seroja. Kapal tersebut adalah KM Egon yang bertolak dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pukul 10.00 WIB pada Minggu (11/4) menuju Pelabuhan Waingapu, Nusa Tenggara Timur. 

 

Baca Juga:
Executive General Manager Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Sambut Arus Balik Mudik di Pelabuhan Tanjung Priok

Pjs. Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Opik Taufik merinci bahwa KM Egon mengangkut 267 koli barang bantuan yang terdiri atas pakaian layak pakai dan barang kebutuhan pokok, dari donatur termasuk bantuan dari PT PELNI (Persero). Selain itu, dalam pengangkutan ini juga dikirimkan dua unit ambulans serta 16 orang relawan/tim tenaga medis. 

Baca Juga:
Kemenhub Berangkatkan Ribuan Peserta Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut Voyage Kedua Jakarta- Semarang

“Ini adalah kapal kedua yang diberangkatkan menuju NTT. Sebelumnya pada Kamis (8/4), PT Pelni telah mengerahkan KM Gandha Nusantara 14 dari Lewoleba menuju Pulau Adonara yang membawa bantuan kemanusiaan dari Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Darma Pertiwi,” jelas Opik. 

KM Egon dijadwalkan tiba di Pelabuhan Waingapu pada Selasa (13/4), seluruh bantuan akan diserahkan pada PIC wilayah Waingapu untuk didistribusikan menuju lokasi bencana. “Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi masyarakat yang telah memanfaatkan kapal Pelni untuk mendistribusikan bantuan kemanusiaan ini. Semoga bantuan ini dapat tepat sasaran dan membantu masyarakat yang terdampak bencana ini,” tutur Opik. 

Baca Juga:
Jadwal Kapal Pelni KM Bukit Raya Natuna-Jakarta-Surabaya-Pontianak pada Maret 2024

Sebelumnya, Pelni Group juga memberikan bantuan bersama dengan Menteri Perhubungan untuk korban bencana alam Badai Siklon Tropis Seroja di Kupang, Nusa Tenggara Timur (9/4). “PT Pelni bersama dengan PT SBN dan PT PIDC sebagai bagian dari Pelni Group memberikan bantuan berupa 150 paket sembako untuk korban bencana alam di Kupang,” tambah Opik. 

Selain KM Egon, Pelni juga menyiapkan KM Awu untuk mengirimkan barang bantuan menuju Pelabuhan Tenau, Kupang dan Pelabuhan Waingapu. Kapal dijadwalkan berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada Senin (12/4) dan dijadwalkan tiba di Pelabuhan Waingapu pada Kamis (15/4) dan tiba di Pelabuhan Kupang pada Jumat (16/4). 

"Perusahaan masih menerima bantuan dari masyarakat, perusahaan BUMN ataupun swasta pada pengiriman bantuan dengan KM Awu. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kantor cabang Pelni Surabaya sebagai PIC keberangkatan. Barang bantuan masih diterima maksimal hingga tiga jam sebelum KM Awu diberangkatkan," jelas Opik. (omy/lia)