China Kecam Rencana Jepang Buang 1,25 Juta Ton Limbah Nuklir Fukushima ke Laut

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 13/Apr/2021 15:49 WIB


BEIJING (BeritaTrans.com) - China pada Selasa (13/4/2021) mengecam rencana Jepang yang akan membuang 1,25 juta ton air limbah nuklir Fukishima ke laut.

China menyebut rencana Jepang itu sangat tidak bertanggung jawab, dan akan merusak kesehatan masyarakat.

"Negeri Panda" pun menuding "Negeri Sakura" membuang air limbah nuklir tanpa mempedulikan keraguan dan penentangan dari dalam serta luar negeri.

"Cara ini sangat tidak bertanggung jawab dan akan sangat merusak kesehatan serta kepentingan vital rakyat negara-negara tetangga," kata Kementerian Luar Negeri China dikutip dari AFP.

Beijing mengatakan, laut adalah milik bersama umat manusia dan pembuangan air limbah nuklir bukan hanya masalah domestik Jepang.

"China akan terus mengikuti perkembangan bersama dengan masyarakat internasional dan berhak membuat tanggapan lebih lanjut," imbuh Kemenlu China.

Sekitar 1,25 juta ton air sudah dikumpulkan di tangki pembangkit nuklir, yang rusak akibat gempa dan tsunami 2011.

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengatakan, membuang air limbah ini adalah tugas yang tak terhindarkan dalam proses penonaktifan pembangkit nuklir selama puluhan tahun.

Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mendukung pembuangan tersebut, yang dikatakan serupa pembuangan air limbah di pembangkit listrik tenaga nuklir lainnya di dunia.

Hubungan Jepang dan China memanas dalam beberapa bulan terakhir, karena Tokyo didekati oleh Washington sebagai sekutu regional di Pasifik.

(lia/sumber:kompas.com)