Terminal Pulo Gebang Sepi Penumpang

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 14/Apr/2021 15:23 WIB
Keberangkatan bus arah Sumatera di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Rabu (14/4/2021). Keberangkatan bus arah Sumatera di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Rabu (14/4/2021).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Memasuki bulan puasa, jumlah penumpang bus antarkota antarpropinsi (AKAP) di Terminal Pulo Gebang semakin sepi. 

"Untuk penumpang belakangan ini, sudah cenderung sepi. Mungkin sebelum puasa ada sebagian sudah pada pulang," ujar Komandan Regu Terminal Pulo Gebang, Anwar Mansur di lokasi, Rabu (14/4/2021). 

Baca Juga:
Terminal Kepuhsari Jombang Hanya Berangkatkan Sedikit Bus saat Libur Panjang

Dari data harian keberangkatan bus hari ini sampai pukul 12.00 terdapat 89 bus dengan penumpang berjumlah 569 orang. Pada hari puasa pertama, Selasa (13/4/2021) terminal memberangkatkan 145 bus dengan penumpang 764 orang. 

Data tersebut, menurun dari keberangkatan pada pekan lalu di hari yang sama. Terminal telah memberangkatkan 182-214 bus dengan penumpang mencapai 1.094-1.515 penumpang. 

Baca Juga:
Lika-Liku Perjalanan Bus ALS Bekasi ke Medan, Lalui Lintas Tengah Sumatra Berhari-Hari

Menurunnya sewa bus juga dirasakan oleh agen tiket di terminal tersebut. 

Pengurus agen Madu Kismo, Jailani yang memberangkatkan armada jurusan Jepara menyebutkan, siang ini bus hanya menaikkan delapan orang penumpang, padahal hari sebelumnya bisa mencapai 15 orang. 

Baca Juga:
Menhub Tinjau Terminal Terpadu Pulo Gebang, Pergerakan Penumpang Meningkat, Pelayanan Makin Baik

Meski terlihat ramai pada keberangkatan bus arah sumatera yaitu, Padang dengan menggunakan bus PO MPM, ternyata banyak orang yang hanya mengantarkan keluarganya saja. 

Sebagian dari mereka memilih mudik lebih awal lantaran ingin berlebaran di kampung halaman ketemu keluarga sebelum mudik dilarang pada 6-17 Mei 2021 mendatang. 

"Mau ngumpul sama orang tua, kalau selesai lebaran balik lagi ke sini," ujar penumpang bus Olivia. 

Sebagai mana diketahui, semua terminal di DKI Jakarta akan di tutup semua kecuali Terminal Pulo Gebang. Nantinya pengamanan di terminal ini lebih ditingkatkan untuk keperluan penumpang dengan kategori khusus. 

Hingga saat ini, pihak terminal sedang menunggu keputusan dari pemerintah mengenai aturan larangan mudik di terminal tersebut.(fahmi)