Mudik Dilarang, Ribuan Penumpang asal Jabodetabek Tiba di Terminal Kota Tegal

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 15/Apr/2021 04:24 WIB
Suasana terminal bus Kota Tegal, Rabu (14/4/2021) siang. Suasana terminal bus Kota Tegal, Rabu (14/4/2021) siang.

TEGAL (BeritaTrans.com) - Sekitar 10.000 penumpang bus telah tiba di terminal bus Kota Tegal, Jawa Tengah, sejak 1 April lalu. Namun belum ada lonjakan penumpang hingga Rabu (14/4/2021) siang. 

Peningkatan penumpang diperkirakan terjadi beberapa hari terakhir jelang larangan mudik mulai 6 Mei mendatang. 

Baca Juga:
Hari Kedua Ramp Check Jelang Angleb, Dishub Kota Bekasi Temukan 4 Bus Tak Laik Jalan di Terminal

Suasana terminal bus Kota Tegal masih tampak lengang. Hanya sejumlah bus antarkota antarpropinsi (AKAP) dan bus antarkota dalam provinsi  (AKDP) yang masih melayani keberangkatan penumpang. 

Data dari terminal bus Kota Tegal sejak 1 April hingga 13 April tercatat 9.913 penumpang telah tiba di terminal dari berbagai kota. Sedang keberangkatan penumpang tercatat 13.013 orang dalam periode yang sama. 

Baca Juga:
Menhub Dorong Pembangunan Berkonsep TOD untuk Akses Transportasi Massal di Jabodetabek

Kepala terminal bus Kota Tegal, Suprawito mengatakan hampir sebagian kedatangan penumpang berasal dari Jabodetabek. “Jumlah tersebut diperkirakan akan bertambah beberapa hari mendekati larangan mudik 6 Mei mendatang,” kata Suprawito. 

Dia mengatakan, hampir setiap hari  terminal bus tipe A ini melayani seratusan bus yang masih beroperasi baik AKAP maupun AKDP jumlah bus yang beroperasi saat ini jauh lebih sedikit dibanding sebelum terjadinya pandemi Covid-19. 

Baca Juga:
Mari Membenahi Terminal Sekaligus Angkutan Umum

Pihaknya saat ini masih menunggu petunjuk teknis pelarangan mudik dari Kementerian Perhubungan. “Jika nantinya terminal bus dilakukan penutupan, kami juga akan menutup semua akses masuk ke terminal bus mulai 6 hingga 17 Mei,” katanya.(fh/sumber:iNewsJateng)