Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Layani Tes GeNose, Tarifnya Segini

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 18/Apr/2021 10:47 WIB
Tahap tes GeNose untuk memeriksa Covid-19 di salah satu moda transportasi.(Ist) Tahap tes GeNose untuk memeriksa Covid-19 di salah satu moda transportasi.(Ist)

SURABAYA (BeritaTrans.com) - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III memastikan, Pelabuhan yang dikelolanya mulai menyediakan layanan pemeriksaan deteksi dini Covid-19 dengan menggunakan alat Ge-Nose C19. 

Untuk tahap awal, pemeriksaan Ge-Nose C19 telah tersedia di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak mulai Sabtu (17/4/2021). 

Baca Juga:
Inisiatif Green Port, Terminal Teluk Lamong Raih Dua Pengakuan Internasional di Ajang Global Ports Forum

Selanjutnya, secara bertahap akan tersedia di Pelabuhan Tanjung Emas dan Pelabuhan Banjarmasin dengan biaya pemeriksaan hanya Rp 30 ribu. 

Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III, Edi Priyanto mengatakan, penyediaan layanan Ge-Nose C19 dimaksudkan untuk memberikan kemudahan para calon penumpang kapal laut untuk melakukan pemeriksaan deteksi Covid-19. 

Baca Juga:
Executive General Manager Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Sambut Arus Balik Mudik di Pelabuhan Tanjung Priok

Ia melanjutkan, layanan Ge-Nose C19 di terminal milik Pelindo III memiliki harga yang lebih terjangkau bagi para calon penumpang kapal laut. 

"Layanan Ge-Nose C19 sudah tersedia di Pelabuhan Tanjung Perak dengan biaya pemeriksaan sebesar Rp 30 ribu untuk setiap orang sekali periksa," jelas Edi dalam keterangannya, Sabtu (17/4/2021). 

Baca Juga:
Pangkalan PLP Tanjung Perak Kerahkan KN Chundamani P.116 Bantu Pemudik Gratis Pelabuhan Celukan Bawang ke Pulau Raas

Layanan Ge-Nose C19 di Pelabuhan Tanjung Perak dapat diakses setiap hari Senin hingga Sabtu oleh para calon penumpang kapal laut mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. 

Para calon penumpang kapal cukup menunjukkan tiket kapal laut sebagai syarat untuk dapat melakukan pemeriksaan Ge-Nose C19. 

"Sementara ini kami sediakan 2 unit alat dengan kapasitas pemeriksaan kurang lebih 200 orang per hari. Jika dirasa perlu maka tidak menutup kemungkinan jumlah alat akan ditambah," lanjut Edi. 

Pelindo III juga menyediakan ruang isolasi yang diperuntukkan bagi calon penumpang yang memperoleh hasil positif dari pemeriksaan Ge-Nose C19. 

Nantinya, mereka yang positif akan diarahkan untuk menuju fasilitas pemeriksaan rapid antigen secara mandiri untuk validasi hasil. 

Jika masih kedapatan positif maka calon penumpang tersebut tidak diperkenankan masuk ke dalam fasilitas terminal penumpang. 

Sebagai informasi, peresmian pemeriksaan Ge-Nose C19 di area pelabuhan milik Pelindo III ini ditandai dengan pemeriksaan Ge-Nose C19 perdana yang diikuti oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Agus H Purnomo bersama di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Sabtu (17/4/2021).(fhm/sumber:tribunnewscom)