Anggaran Covid-19 Bisa untuk Bangun Jalan 7 Kali Panjang Tol Trans-Jawa

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 20/Apr/2021 08:38 WIB
Foto:istimewa/beritasatu.com Foto:istimewa/beritasatu.com

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Alokasi anggaran untuk penanganan Covid-19 di Indonesia mencapai Rp 130,03 triliun. Angka sebesar itu setara dengan anggaran untuk membangun jalan raya dengan panjang 3,5 kali tol Trans-Sumatera atau tujuh kali panjang tol Trans-Jawa.

Perbandingan tersebut berdasarkaan unggahan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di media sosial untuk menunjukkan keseriusan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

Baca Juga:
Jokowi Bakal Nyatakan Sebentar Lagi Pandemi Berakhir

Anggaran yang sangat besar ini tidak akan maksimal manfaatnya jika tidak didukung oleh keseriusan seluruh lapisan masyarakat dalam menjaga disiplin kesehatan.

Menurut Menkeu Sri Mulyani, anggaran sebesar Rp 130,03 triliun dialokasikan untuk mendanai vaksinasi, perawatan, serta testing dan tracing Covid-19.

Baca Juga:
WHO Tetapkan DKI di Level 3 Transmisi COVID-19!

Dari data Kementerian Keuangan, anggaran tersebut sebesar Rp 9,91 triliun untuk testing dan tracing Covid-19.

Kemudian Rp 58,18 triliun untuk pengadaan dan program vaksin serta Rp 61,94 triliun untuk perawatan pasien dan insentif bagi tenaga kesehatan yang menangani Covid-19.

Baca Juga:
Kasus Penularan COVID-19 Turun, Subsidi Biaya Rawat Akan Dihentikan

Dalam unggahannya Sri Mulyani tidak langsung membandingkannya dengan panjang tol Trans-Jawa maupun Trans-Sumatera.

Mantan Direktur Pelaksana sekaligus Chief Operating Officer Bank Dunia ini hanya menyebut dana Covid-19 itu setara dengan pembangunan 9.352 km jalan raya.

Meski tidak disebut lebihi jauh, bila dihitung lebih terperinci maka jalan yang dimaksud adalah jalan raya standar dengan lebar kurang lebih 3 meter, atau pembangunan jalan berbiaya sekiar Rp 14 miliar per kilometer.

Sedangkan 9.352 km yang disebutkan sebanding dengan tujuh kali panjang tol Trans-Jawa. Seperti diketahui Tol Trans-Jawa dari Merak hingga Banyuwangi memiliki total panjang 1.367 km.

Angka tersebut juga sebanding 3,5 kali panjang Trans-Sumatera yang mencapai 2.700 km.

Tidak hanya membandingkan dengan pembangunan jalan, Sri Mulyani juga menyetarakan anggaran penanganan Covid-19 itu dengan pembangunan 293.222 meter jembatan dan bahkan bisa untuk mendirikan 67.708 unit sekolah.(amt/sumber:beritasatu)