ASDP Siap Operasikan KMP Takabonerate Layani Masyarakat Selayar

  • Oleh : Naomy

Kamis, 22/Apr/2021 18:50 WIB
Pengesahan operasional kapal penyeberangan di Selayar dari Kemenhub ke ASDP Pengesahan operasional kapal penyeberangan di Selayar dari Kemenhub ke ASDP

 

MAKASSAR (BeritaTrans.com) -  PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) siap mengoperasikan KMP Takabonerate khususnya di lintasan Bira - Pamatata yang baru saja diresmikan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Kamis (22/4/2021).

Baca Juga:
Sepanjang Libur Lebaran, Penumpang ASDP Naik 3%, Kendaraan 9%

Layanan ini akan semakin memperkuat konektivitas penyeberangan dan sektor logistik masyarakat Selayar, Sulawesi Selatan. 

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi menyebutkan, dengan beroperasinya KMP Takabonerate, masyarakat Selayar dapat mengakses layanan penyeberangan yang semakin mudah, aman, nyaman dan selamat. 

Baca Juga:
Selama Angleb, ASDP Layani Hingga 4,14 Juta Penumpang di 8 Lintasan

Selain itu, hadirnya sarana transportasi ini diharapkan juga dapat mendukung kegiatan sektor perekonomian masyarakat. 

"Sudah menjadi komitmen ASDP untuk terus menghadirkan layanan penyeberangan yang memadai bagi masyarakat di seluruh Indonesia, baik di kawasan barat, tengah maupun timur. Hadirnya KMP Takabonerate akan menambah  layanan ferry bagi masyarakat Selayar, khususnya di lintasan Bira - Pamatata," ujarnya.

Baca Juga:
ASDP: Hampir 100 Persen Pemudik dari Sumatera via Penyeberangan Telah Kembali ke Jawa

Peresmian ini dihadiri juga oleh Direktur TSDP Kemenhub Cucu Mulyana, Sesditjen Perhubungan Darat Kemenhub Marta Hardisarwono, anggota Komisi V DPR Muhammad Aras dan Hamka B Kady, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, Direktur Utama PT Industri Kapal Indonesia (Persero), Diana Rosa, serta Bupati Kepulauan Selayar. 

Ira berharap, akan tercipta sinergitas yang kuat antara Pemerintah pusat, daerah dan BUMN dalam memberikan pelayanan transportasi yang prima kepada masyarakat, khususnya layanan akses penyeberangan. 

KMP Takabonerate yang berukuran 500 GT ini  berkapasitas penumpang 265 orang dan 52 unit kendaraan campuran. Kapal roro ini memiliki panjang seluruh 46,80 meter, panjang antara garis tegak (LBP) 41,56m, Lebar 12 m, Sarat air 2,60 m, dan Tinggi 3,70 m, dengan kecepatan dinas 13 knot. (omy)