Perjalanan Kereta Api dari Daop Jakarta Masih Normal Hingga Pelarangan Mudik

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 23/Apr/2021 19:36 WIB
Ilustrasi rangkaian kereta api. (Ist) Ilustrasi rangkaian kereta api. (Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT KAI Daop 1 Jakarta, masih menjalankan perjalanan normal hingga pelarangan mudik pada 6-17 Mei 2021. 

Terkait addendum SE No.13 Tahun 2021dari Satgas Penanganan Covid 19 tentang peniadaan mudik hari raya idul fitri tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid 19 Selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah. 

Baca Juga:
KAI Daop 1 Jakarta Bersama Kemenkop dan UKM Gelar Bazar Ramadan di Area Stasiun Gambir

"Dapat kami sampaikan bahwa kebijakan perjalanan KA khususnya dari wilayah Daop 1 Jakarta akan segera disampaikan. Saat ini KAI masih menunggu Surat Edaran dari Kementerian Perhubungan terkait detail penerapannya pada moda transportasi Kereta Api," ujar Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, pada keterangan resmi, Jumat (23/4/2021). 

Hingga kini perjalanan KA masih mengacu ke Surat Edaran Kemenhub No 27 Tahun 2021. 

Baca Juga:
KAI: Hingga Hari Ini Sebanyak 1.922.450 Tiket Kereta Api Lebaran Telah Terjual

KAI mendukung penuh seluruh upaya pemerintah terkait penanganan Covid 19 dan akan mengikuti seluruh kebijakan yang telah ditetapkan pada sektor transportasi. Jika terdapat perubahan atau kebijakan baru maka sosialisasi akan segera dilakukan. 

Untuk keberangkatan pengguna jasa dari wilayah Daop 1 Jakarta seperti Stasiun Pasar Senen dan Gambir pekan ini terpantau normal atau tidak terjadi lonjakan. Jumlah perjalanan KA yang beroperasi tetap sama dengan pekan sebelumnya. 

Baca Juga:
Pria Kota Malang Ini Tewas Tertabrak Kereta Api di Perlintasan Rel Kereta Api

Sebagai contoh untuk hari ini terdapat 17 KA yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan rata- rata volume berdasarkan data pemesanan tiket sementara pkl 16.00 WIB terdapat sekitar 6000 penumpang. Sementara untuk Stasiun Gambir terdapat 16 KA dengan rata- rata volume berdasarkan data reservasi sementara pukul 16.00 WIB sekitar 4000 penumpang. 

"Jumlah perjalanan dan volume rata-rata penumpang berangkat pada pekan ini sama dengan pekan sebelumnya," kata Eva. 

Selama pandemi, KAI terus mengedepankan protokol kesehatan secara konsisten. Sebagai bentuk dukungan penuh maka sejumlah aturan yang diterapkan pada perjalanan KA juga mengacu pada kebijakan pemerintah. salah satunya pembatasan kapasitas volume penumpang maksimal 70 persen di setiap rangkaian serta kewajiban para calon pengguna memiliki berkas pemeriksaan deteksi Covid 19 dengan hasil negatif.(fahmi)