Menhan Prabowo: Letda Laut (T) Rhesa Tri Sigar, Salah Satu Awak KRI Nanggala 402 yang Gugur Saudara Saya

  • Oleh : Dirham

Selasa, 27/Apr/2021 11:10 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengunjungi rumah duka korban KRI Nanggala. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengunjungi rumah duka korban KRI Nanggala.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Gugurnya 53 awak kapal selam KRI Nanggala 402 di perairan Utara Bali menyisakan duka bagi Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Sebab satu dari 53 awak yang gugur merupakan saudaranya.

Dia mengatakan, Letda Laut (T) Rhesa Tri Sigar yang gugur bersama awak lainnya saat menjalan tugas tersebut ternyata adalah putra dari sepupunya.

"Salah satu dari Putra Terbaik Bangsa, Letda Laut (T) Rhesa Tri Sigar, saudara saya yang gugur bersama KRI Nanggala-402, berkorban demi Sang Merah Putih. Putra dari Sepupu saya Letkol Godfried Sigar, Kepala Seksi Operasi Korem 164/Wira Dharma Dili, yang juga gugur di Timor Timur pada tanggal 4 Juni 1998," tulis Prabowo dalam akun instagramnya @prabowo, Senin (27/4/2021).

Lalu dia pun sempat mengunjungi ibunda dari almarhum, Indah Wahyu Arini Retno Utami, serta kakak alamarhum, Kapten Inf Julius Sigar, di Surabaya. Dalam kesempatan tersebut dia menyampaikan duka cita kepada keluarga almarhum.

"Kami sekeluarga akan selalu mengenang jasamu bagi Indonesia tercinta, engkau akan selalu hidup di dalam semangat kami," ungkapnya.

Beri Beasiswa

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto akan memberikan beasiswa kepada anak 53 awak kapal selam KRI Nanggala 402 yang gugur dalam misi latihan pertempuran di perairan Bali.

Hal itu dikonfirmasi Juru Bicara Menteri Pertahanan (Jubir Menhan) Dahnil Anzar Simanjuntak. Menurut Dahnil, beasiswa untuk anak-anak prajurit KRI Nanggala 402 yang tenggelam di dasar laut itu akan diberikan penuh hingga jenjang universitas.

"Betul Menteri Prabowo Subianto menyampaikan akan memberikan beasiswa penuh, mulai dari SD sampai dengan Universitas kepada putra putri prajurit Nanggala 402 yang gugur," kata Dahnil saat mengonfirmasi lewat tayangan video, Senin (26/4/2021).

Dahnil menambahkan, niatan Prabowo itu disampaikan langsung saat sang Menteri Pertahanan bertemu keluarga para prajurit yang gugur.

"Pak Prabowo mengunjungi keluarga para prajurit Hiu Kencana KRI Nanggala 402 di Surabaya, kepada kekuarga Pak Prabowo menyampaikan belasungkawa yang sangat mendalam," jelas Dahnil. (ds/sumber Merdeka.com/Liputan6.com)