100 Orang Ikut Program Padat Karya di Distrik Navigasi Kupang

  • Oleh : Naomy

Selasa, 27/Apr/2021 15:10 WIB
Direktur Kenavigasian Hengki Angkasawan saat menyerahkan bantuan simbolis Direktur Kenavigasian Hengki Angkasawan saat menyerahkan bantuan simbolis

KUPANG (BeritaTrans.com) – Di bulan suci Ramadan tahun 2021 (1442 H) ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Kantor Distrik Navigasi Kupang menggelar padat karya.

Kegiatan dibuka Direktur Kenavigasian Hengki Angkasawan di Dermaga Distrik Navigasi Kupang ditandai penekanan sirine secara bersama-sama Anggota Komite II DPD Dapil NTT dan Kepala Distrik Navigasi Kupang, Muhammad Israyadi serta perwakilan dari Sekda Kota Kupang.

Baca Juga:
Penatausahaan BMN dan Formasi Pengawakan Kapal Negara Kenavigasian

"Tujuan dilaksanakan padat karya ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar Kantor Distrik Navigasi Kupang dan membantu mengurangi angka pengangguran akibat kehilangan pekerjaan tetap atau pemutusan hubungan kerja serta mendukung pemerintah untuk mempercepat pengentasan kemiskinan terhadap masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19," urai Hengki di Kupang NTT, Selasa (27/4/2021).

Menurutnya, pelaksanaan padat karya kali ini berbeda dengan tahun lalu karena bertepatan dengan bulan suci ramadan.

Baca Juga:
Dukung Upaya Pemulihan Ekonomi, Kemenhub Gelar Program Padat Karya di Dumai

"Selama kegiatan berlangsung saya berharap  kita semua tetap menjalankan protokol kesehatan guna berupaya memutuskan rantai penyebaran Covid-19 dan memperhatikan keselamatan dalam bekerja," tambahnya.

100 orang peserta yang terlibat dalam pelaksanaan padat karya kali ini diharapkan benar-benar dapat merasakan manfaatnya sehingga target pemerintah untuk mempercepat pengentasan kemiskinan  yang terdampak pandemi Covid - 19 bisa tercapai.

Baca Juga:
Libatkan 3.000 orang, ASDP Dukung Program Padat Karya Kapal Perintis melalui TJSL di 18 Cabang

Pada acara padat karya kali ini dilakukan penyerahan alat keselamatan kerja berupa safety helm, jacket safety dan masker secara simbolis diberikan oleh Direktur Kenavigasian, Anggota Komite II DPD Dapil NTT, Kepala Distrik Navigasi Kelas II Kupang dan perwakilan dari Sekda Kota Kupang kepada lima orang perwakilan peserta padat karya.

Selain itu, pada kesempatan yang sama juga dilakukan pemberian bantuan berupa sembako yang diberikan secara simbolis kepada lima orang warga korban bencana alam badai siklon tropis seroja di sekitar Kantor Distrik Navigasi Kupang.

Padat karya ini dilaksanakan selama dua hari (27-28 April 2021) mengerjakan perawatan dermaga, fasilitas dan gedung kantor dengan melakukan pembersihan, pemasangan genteng serta pengecatan Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP).

Kegiatan padat karya ini merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 73 Tahun 2018 Tentang Tata Cara Penyelenggaraan Program Padat Karya Di Lingkungan Kementerian Perhubungan.

Adapun sumber pelaksanaan program padat karya ini dilaksanakan dengan menggunakan dana APBN yang tertuang dalam DIPA Kantor Distrik Navigasi Kupang Tahun 2021.

"Pemberian upah para peserta padat karya ini akan diberikan secara tunai dengan durasi waktu pelaksanaan kerja tujuh jam setiap hari selama dua hari berdasarkan standar upah minimum di Provinsi NTT," ujar Israyadi.

Lebih lanjut Israyadi mengatakan tahun 2021 ini adalah tahun kedua Kantor Distrik Navigasi Kelas II melaksanakan kegiatan padat karya untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. 

"Saya berharap semoga padat karya ini dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun agar terciptanya lapangan pekerjaan yang dapat  membantu meningkatan ekonomi masyarakat sekitar Kantor Distrik Navigasi Kupang," tutup Israyadi. (omy)