Budi Karya Apresiasi Kreativitas ASN Kemenhub Dukung Peniadaan Mudik via Video Edukasi

  • Oleh : Naomy

Rabu, 28/Apr/2021 04:35 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi Menhub Budi Karya Sumadi

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Untuk lebih menggencarkan sosialisasi kebijakan peniadaan mudik Idul Fitri 1442H/2021 kepada masyarakat, Kementerian Perhubungan menggelar Lomba Pembuatan Video bertema “Sosialisasi Peniadaan Mudik 2021” bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemenhub. 

Baca Juga:
Hendak Mudik dengan Bus? Ditjen Hubdat Imbau Masyarakat Ikut Cek Kelaikannya di Aplikasi Mitradarat

“Ini salah satu upaya kami untuk menggencarkan sosialisasi kebijakan peniadaan mudik kepada masyarakat, dengan melibatkan segenap ASN di lingkungan Kemenhub baik di pusat dan di  daerah, yang mempunyai kreativitas dalam membuat video ajakan untuk tidak mudik,” jelas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, di Jakarta, Selasa (27/4/2021) malam.

Dia mengapresiasi dan  mengatakan, dengan banyaknya video ajakan untuk tidak mudik yang memenuhi ruang publik digital, diharapkan semakin banyak masyarakat makin teredukasi, sehingga mengurungkan niatnya untuk melakukan perjalanan mudik 6-17 Mei 2021. 

Baca Juga:
Animo Masyarakat Tinggi, Ditjen Hubdat Siapkan 722 Bus dan 30 Truk untuk Mudik Gratis Lebaran 2024

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, melalui kegiatan Lomba Video “Sosialisasi Peniadaan Mudik 2021” yang dimulai 22 April 2021 tersebut, telah terkumpul sejumlah 85 video dari Balai Pengelola Transportasi Darat dan Unit Eselon II. 

Dari seluruh video yang terkumpul, terpilih  empat pemenang dari masing-masing kategori.

Baca Juga:
Menhub Pastikan Angkutan Lebaran Berjalan Aman dan Lancar

"Kategori Video Favorit Pilihan Menteri Perhubungan : “Ora Popo Ora Mudik, Senajan Ditinggal Rabi Dhisik” oleh BPTD Wilayah X Provinsi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta," ungkap Dirjen Budi.

Selanjutnya kategori Video Terlucu “Nyong Gagal Mudik” oleh Direktorat Sarana Transportasi Jalan.

Kategori Video Cerita Terbaik: “Kalau Sayang Jangan Pulang” oleh BPTD Wilayah XIV Provinsi Kalimantan Barat.

Terakhir kategori Video Produksi Terbaik: “Ora Mudik Tetap Asik” oleh BPTD Wilayah XI Provinsi Jawa Timur. 

“Kami apresiasi para ASN di masing-masing unit kerja di lingkungan Kemenhub yang sudah berpartisipasi dalam lomba ini, semoga karya ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat agar tidak melakukan perjalanan mudik pada masa larangan mudik diberlakukan,” ucapnya. 

Kemenhub siap menerapkan pengendalian transportasi di masa sebelum, selama dan sesudah peniadaan mudik, yang telah dituangkan dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 13 tahun 2021 tentang  Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021 Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.  

Permenhub ini diterbitkan dalam rangka menindaklanjuti SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Idul Fitri dan Upaya Pengendalian Covid-19 Selama Bulan Ramadhan beserta adendumnya yang telah diterbitkan Satgas Penanganan Covid-19. 

Pengendalian ini ditujukan untuk turut mendukung upaya mencegah lonjakan kasus Covid-19 sebagaimana terjadi pada saat libur panjang dan hari raya. 

"Kemenhub terus mengingatkan masyarakat untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas," pungkas Dirjen Budi. (omy)