Langkah Awal Penerapan BTS Bogor, Tarif Rp0

  • Oleh : Naomy

Rabu, 28/Apr/2021 11:50 WIB
Polana B Pramesti Polana B Pramesti


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Langkah awal penerapan layanan angkutan umum Buy The Service (BTS) di Bogor, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menyebutkan akan meniadakan tarif alias gratis.

"Dalam tahap sosialisasi nanti tarifnya RpO dan kedwpannya akan ada subsidi tarif," ujar Kepala BPTJ Polana B Pramesti, Rabu (28/4/2021).

Baca Juga:
BPTJ Gelar Rapat Persiapan Operasi Angleb 2024 di Wilayah Jabodetabek

Hal itu disampaikannya di sela Webinar bertajuk "Penataan Lalu Lintas Angkutan Perkotaan Melalui Skema Pembelian Layanan Buy The Service (BTS) di Kota Bogor".

Dia menyampaikan, tata laksana penerapan BTS nantinya akan langsung cashless yakni dengan pemberlakuan e-ticketing, mulai dari sosialisasi.

Baca Juga:
Bersama BPTJ, Komisi V DPR Tinjau Kesiapan Angleb di Terminal Baranangsiang & Poris Plawad

"Dalam tahap awal kami bekerjasama dengan pihak ketiga sebagai management pengelola BTS. Apabila sukses ke depan bisa menjadi BLU (Badan Layanan Umum). Awalnya memang daerah nantinya BLU Daerah," ungkapnya.

Mekanisme kontraknya atau kerjasamanya, BPTJ akan menemukan badan manajemem pengelola, lalu kemudian akan melakukan kontrak dengan operator sesuai ketentuan.

Baca Juga:
Hari Kedua Ramp Check Jelang Angleb, Dishub Kota Bekasi Temukan 4 Bus Tak Laik Jalan di Terminal

"Kami melakukan pelelangan, operator tersebut akan melayani penumpang dan kami akan alokasikan biaya angkutan umumnya," ujar Polana.

Diharapkan ada persiapan administrasi Pemda, dukungan legislatif, surat pernyataan kesanggupan, dan studi kemanfaatan program. (omy)