Calon Penumpang Pesawat Terbang Kini Bisa Tes GeNose di Bandara Adi Soemarmo Solo

  • Oleh : Dirham

Kamis, 29/Apr/2021 11:51 WIB
Tes GeNose di Bandara Solo. Tes GeNose di Bandara Solo.

SOLO (BeritaTrans.com) - Calon penumpang di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo bisa memanfaatkan layanan tes GeNose untuk deteksi Covid-19, Kamis (29/4). Layanan tes GeNose dilayani mulai pukul 08:00 hingga pukul 15:00 WIB di area parkir sepeda motor.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo, Yani Ajat Hermawan mengatakan, fasilitas tes GeNose bagi calon penumpang pesawat melengkapi pilihan tes Covid-19 di Bandara. Layanan yang sudah ada sebelumnya adalah tes rapid antigen.

"Jadi tes GeNose ini untuk melengkapi. Kemarin sudah kita simulasikan dengan stakeholder. Sebelumnya juga sudah uji coba juga oleh karyawan internal," ujar Yani, Kamis (29/4).

Yani mengatakan, sudah selayaknya masyarakat bangga menggunakan alat buatan bangsa sendiri. Menurut Yani, calon penumpang akan dikenakan biaya Rp 40 ribu untuk sekali tes GeNose di Bandara Adi Soemarmo. Proses tes GeNose dari pendaftaran hingga keluar hasilnya memakan waktu sekitar 20 menit.

"Hanya 20 menit saja calon penumpang sudah bisa mendapatkan hasil negatif ataupun positif Covid-19," katanya.

Untuk para calon penumpang harus menunjukkan tiket pesawat dan KTP sebagai syarat utama. Ke depan tes GeNose dimungkinkan bisa diakses untuk masyarakat umum.

"Sementara ini masih terbatas karena peralatnnya juga masih terbatas," terangnya.

Yani menambahkan, Bandara Adi Soemarmo menyediakan tiga alat GeNose, di mana satu alat mampu menangani 60 penumpang per hari.

"Satu alat dalam satu periode mampu menangani 60 penumpang. Total ada tiga, memiliki kemampuan tiga jam. Dalam satu jam mampu menangani 20 orang per alat," tutup Yani. (ds/sumber Merdeka.com)