Kapal Tanker Minyak Arab Saudi Diserang di Laut Merah

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 29/Apr/2021 13:25 WIB
Foto:ilustrasi/istimewa Foto:ilustrasi/istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Perusahaan manajemen risiko keamanan maritim, Dryad Global, menerima laporan yang belum dikonfirmasi mengenai kemungkinan kapal tanker minyak NCC Dammam telah diserang di pelabuhan Laut Merah Saudi di Yanbu.

"Kami menerima laporan yang belum dikonfirmasi bahwa kapal, mungkin NCC DAMMAM telah diserang dari Pelabuhan Yanbu #SaudiArabia," tweet Dryad Global pada Selasa (27/4/2021).

Baca Juga:
Kebakaran Kapal MT Kristin Surabaya di Pantai Ampenan, Ini Daftar ABK dan Kapten Kapal yang Dievakuasi

Namun, hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi langsung dari otoritas Saudi atas kemungkinan serangan tersebut.

Dilansir dari Reuters, Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO) juga mengatakan telah mengetahui laporan insiden pada hari Selasa sekitar 2 mil laut dari Yanbu dan kini penyelidikan sedang berlangsung.

Baca Juga:
Kapal Tanker Terbakar Saat Perawatan Rutin di Thailand, 8 Pekerja Hilang

NCC Dammam sendiri merupakan kapal tanker kimia yang melewati Laut Merah dari Al Jubail, di timur Arab Saudi, menurut penyedia intelijen maritim VesselsValue.

Kapal sebelumnya diserang di perairan Laut Merah. Pada Desember 2020, Arab Saudi mengatakan bahwa sebuah kapal tanker yang berlabuh di pelabuhan Jeddah ditabrak oleh kapal bermuatan bahan peledak. Ini menyusul insiden terpisah di terminal Saudi lainnya di Laut Merah, di mana sebuah kapal tanker rusak akibat ledakan.

Baca Juga:
PT Samudera Indonesia akan Ekspansif Tambah Kapal

Sebuah koalisi militer pimpinan Arab Saudi yang terlibat di Yaman di masa lalu telah menggagalkan upaya serangan menggunakan kapal-kapal bermuatan bahan peledak yang diluncurkan oleh gerakan Houthi, yang berpihak pada Iran di Yaman. (amt/sumber:cnbcindonesia.com) 

Tags :