Sehari Jelang Larangan Mudik, ASDP Merak Operasikan 29 Kapal Roro

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 06/Mei/2021 05:37 WIB


JAKARTA (BeritaTrans.com)  - PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak bersiap membatasi operasional kapal ferry menjelang larangan mudik pada 6-17 Mei 2021.

Sehari menjelang penutupan, ASDP Merak mengoperasikan 29 kapal roll on-roll off atau ro-ro sepanjang Selasa untuk melayani pemudik Lebaran 2021.

Baca Juga:
Diskon Tarif Tol 20% untuk Mudik Lebaran Mulai Berlaku

Selasa (4/5/2021) malam kemarin, arus penyeberangan ke Bakauheni Lampung meningkat dan diperkirakan akan berlanjut di hari Rabu (5/5/2021)

"Semua kapal yang beroperasi itu dalam kondisi laik. Sebanyak 29 Kapal Roro disiagakan untuk mengangkut pemudik ke Sumatera," kata Manager Usaha Pelabuhan ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Heru Wahyono di Merak, Rabu (5/5/2021).

Baca Juga:
Jalan Tol Binjai-Tanjungpura Dibuka Gratis saat Libur Lebaran, Tersedia Rest Area Loh!

Heru menambahkan jika penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung berjalan lancar dan normal. Meski terjadi antrian dan penumpukan pemudik, jumlah itu masih sedikit dibandingkan dengan dua tahun lalu.

"Antrean penumpang dan kendaraan memang padat semalam. Karena sebelum menyebrang wajib melakukan Tes Genose dan menunjukkan surat Rapid Antigen atau PCR, tapi semuanya terkendali dan lancar," jelas Heru.

Baca Juga:
Sepanjang 1.782 Km Jalan Tol di Indonesia Siap Dilintasi Pemudik Lebaran 2024

Diprediksikan kepadatan penumpang akan terjadi lagi malam hingga dini hari hari nanti. Hal itu disebabkan pada tanggal 5 Mei adalah hari terakhir Pelabuhan Merak beroperasi penuh hingga pukul 00.00 WIB.

ASDP Merak mengoperasikan kapal ro-ro sebanyak 29 armada dengan 52 trip dan semua pemudik bisa diseberangkan menuju Pelabuhan Bakauheni.

"Kami menyiapkan 52 Trip untuk operasional terakhir hari ini. Diharapkan semua penumpang menerapkan protokol kesehatan selama perjalanan guna mengendalikan pandemi itu," katanya.

Selanjutnya, saat masa larangan mudik, Pelabuhan Merak  hanya melayani perjalanan untuk kebutuhan distribusi logistik dan perjalanan khusus non mudik seperti yang tertera dalam SE Kemenhub No 13 Tahun 2021.  (ny/Sumber:Tribunnews.com)