Hari Pertama Peniadaan Mudik, Hanya Ada 6.853 Pergerakan Penumpang di 15 Bandara Angkasa Pura I

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 07/Mei/2021 17:31 WIB
 Kondisi terminal keberangkatan Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo pada Kamis 6 Mei, hari pertama masa peniadaan mudik Kondisi terminal keberangkatan Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo pada Kamis 6 Mei, hari pertama masa peniadaan mudik

JAKARTA (BeritaTrans.com) -  PT Angkasa Pura I (Persero) memastikan bahwa kegiatan operasional 15 bandara kelolaannya pada hari pertama masa peniadaan mudik (6/5/2021) berjalan lancar dan sesuai prosedur transportasi pada masa peniadaan mudik.

Hal itu sesuai seperti yang tertuang pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi selama Masa Idul Fitri 1442 H Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19, di mana hanya penerbangan yang dikecualikan yang dapat dilakukan.  

Baca Juga:
Jelang Angleb, Bandara Supadio Pontianak Memastikan Pelayanan Prima

Adapun penerbangan dikecualikan yang dapat dilakukan pada masa peniadaan mudik tersebut yaitu transportasi udara yang digunakan untuk pimpinan lembaga tinggi negara dan tamu kenegaraan; perwakilan negara asing dan perwakilan organisasi internasional; operasional penegakan hukum dan pelayanan darurat; operasional kargo; operasional angkutan udara perintis; operasional angkutan udara untuk keperluan mendesak untuk kepentingan nonmudik seperti perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka keluarga meninggal, dan ibu hamil. 

"Kami pastikan bahwa penerbangan yang dilakukan pada masa peniadaan mudik ini adalah hanya penerbangan yang dikecualikan. Kami mendukung penuh kebijakan Pemerintah untuk mengimbau masyarakat #TidakMudikuntukIndonesiaLebihBaik. Kami mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan pada masa peniadaan mudik dan setelah masa peniadaan mudik," jelas Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Handy Heryudhitiawan, Jumat (7/5/2021).

Baca Juga:
Sepanjang Februari, AP1 Layani 5 Juta Penumpang

Hal ini penting untuk dilakukan agar pandemi dapat dikendalikan dan apa yang terjadi di negara-negara tetangga tidak terjadi di Indonesia. 

Di hari pertama masa peniadaan mudik, hanya terdapat 6.853 pergerakan penumpang di 15 bandara Angkasa Pura I.

Baca Juga:
Tahun 2024, Bandara SMB II Palembang Target Layani 2,7 Juta Penumpang

Jumlah tersebut jauh di bawah rata-rata trafik penumpang harian April yang mencapai 87.872 pergerakan penumpang atau atau minus (-) 92 persen. 

"Sementara itu trafik pesawat pada hari pertama peniadaan mudik sebanyak 288 pergerakan pesawat dan 770.851 kg kargo," katanya. (omy)