TKBM Tak Mudik, Aktifitas Bongkar Muat masih Berlangsung di Pelabuhan Sunda Kelapa

  • Oleh : Ahmad

Sabtu, 08/Mei/2021 15:12 WIB
Foto:BeritaTrans.com/aksi.id/ahmad Foto:BeritaTrans.com/aksi.id/ahmad

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa terlihat sepi kegiatan bongkar muat di dermaga kapal kayu tradisional, Sabtu (08/05/2021). 

Ada salah seorang sopir truk yang membawa muatan semen sedang antre dan terparkir kendaraannya di dermaga kayu, Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara. 

Baca Juga:
ASDP Sediakan 3 Rute Mudik Asyik Bersama BUMN

Baca Juga:
Tiket Mudik Gratis Kapal Laut Sedot Minat Masyarakat

Adalah Supardi (52) sopir truk yang mengangkut semen dari Cibinong dan akan dibongkar Dermaga Marina Pelabuhan Sunda Kelapa. 

Baca Juga:
Sorry yee! Motor Listrik Dilarang Ikut Mudik Gratis Naik Kapal Laut, Simak Alasannya

"Tadi sampai sini (Sunda Kelapa-red) jam 10 pagi, sedang antre bongkar muatan, paling nanti sore baru dapat gilirannya," kata Supardi yang sudah 20 tahun membawa truk. 

Dia juga mengatakan pendapatan yang dari sistem bagi hasil,"Gak ada gaji, yang ada bagi hasil aja, misalnya, dapat order antar muatan dengan ongkos jalan Rp950 ribu, lalu uang itu untuk BBM, e-tol, tiket masuk pelabuhan, nah sisanya Rp250 ribu ya itu jatah untuk Sopir, "tuturnya pada BeritaTrans.com Sabtu (08/05/2021). 

Sementara itu di dermaga kapal besi atau modern sedang ramai dengan kesibukan bongkar muat, seperti angkut semen, mobil baru dan motor baru dan yang lainnya yang di masukkan ke dalam lambung kapal-kapal tersebut. 

Seperti yang diungkapkan salah satu mandor tenaga kerja bongkar muat (TKBM) mengatakan, "Semua masih melakukan bongkar muat di sini. Untuk mobil dan motor akan dikirimkan ke Tanjung Pinang, sedangkan untuk semen akan ke Pontianak, " ucapnya. 

Bagi TKBM yang akan pulang kampung sementara ini tidak dilakukan karena ditiadakan mudik lebaran tahun ini, jadi mereka tetap bekerja seperti biasa, sedangkan yang pulangnya jarak dekat, mereka akan pulang di hari Selasa, karena, aktifitas akan libur pada Rabu hingga tanggal 17 Mei 2021.(ahmad)